Rekonstruksi definisi Sunnah sebagai pijakan kontekstualitas pemahaman Hadits

Nasrulloh Nasrulloh

Abstract


Canonization of sunnah into hadith massively appears to deal with extremismand arbitrary interpretations that have been critical to the sunnah of the Prophet.It marks the end of the interpretation process of the sunnah, including ‘theliving sunnah’ because it was freely appreciated and interpreted by others andsubsequently was turned into a verbal form. At this stage comes the new movementpioneered by Imam Shafi’i who spread the dogma that the required one is thesunnah of the Prophet. The sunnah that has validity as a source of Islamiclaw is the provable one through verbal transmission mechanism (hadith). Thehistorical point of view shows difference, intersection and similarity between thehadith and sunnah. Tracing both the meaning of hadith and sunnah in depthwill change the mindset of understanding the hadith and sunnah.Kanonisasi sunnah ke dalam bentuk hadits muncul dalam skala besar untukmenghadapi ekstrimisme dan penafsiran sewenang-wenang yang sudah gawatterhadap sunnah Nabi. Ini menandai berakhirnya proses penafsiran terhadapsunnah Nabi, termasuk ‘sunnah yang hidup’ karena sunnah Nabi yang semulabebas dipahami dan ditafsirkan oleh generasi sahabat dan setelahnya sudahberubah bentuk menjadi verbal. Pada tahap ini muncullah gerakan baruyang dipelopori oleh Imam Syafi’i yang menyebarkan dogma bahwa sunnahyang harus dipegang adalah sunnah yang berasal dari Nabi. Sunnah yangmemiliki keabsahan sebagai sumber hukum islam adalah sunnah yang dapatdibuktikan berasal dari Nabi melalui mekanisme transmisi verbal (hadits).Dengan pendekatan sejarah, diketahui adanya perbedaan dan persinggunganserta kesamaan antara hadits dan sunnah. Dengan menelusuri kedua maknahadits dan sunnah secara mendalam akan merubah pola pikir pemahamanterhadap hadits dan sunnah.

Keywords


Sunnah; Hadith; interpretation

Full Text:

PDF

References


Abbas, Hasyim. 2004. Kritik Matan Hadits Versi Muhaddisin dan Fuqaha Yogyakarta: Teras.

Abdullah, Amin. 2000. Kajian Ilmu Kalam di IAIN: Menyongsong Perguliran Paradigma Keilmuan Keislaman pada Era Milenium Ketiga”, dalam Jurnal Al Jami’ah: Journal of Islamic Studies IAIN SUKA. Nomor 65/VI

Abdullah, Amin. 2012. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al Asfahani, Al Raghib. tt. Mu’jam Mufradat al Faz al Quran. Libanon: Dar al Fikr.

Al Sarakshy, Muhammad ibn Ahmad Abi Sahl. 1372 H. Ushul al Sarakshy. Heiderabad: Ihya’ al Ma’arif al Nu’maniyyah.

Al Shahrawi, Ibrahim Dasuqi, 1971. Mushthalah al Hadits: Shirkat al Thaba’at al Fanniyyat al Muttahidah.

Al Siba’i, Musthafa. 1994. al Sunnah wa Makanatuha fi al Tashri’ al Islami. Kairo: Dar al Qawmiyyat li al Thaba’ah wa al Nashr.

Al Siddiqie, M Hasbi. 1991. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Jakarta: Bulan Bintang.

Amal, Taufik Adnan. 1989. Islam dan Tantangan Modernis: Studi Atas Pemikiran Fazlur Rahman. Bandung: Mizan.

Azami, Muhammad Mustafa. 1977. Studies in Hadits Methodology and Literature. Indianapolish: Islamis Teaching Center.

Azami, Muhammad Musthafa, 1994. Hadits Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya, terj. Ali Mustafa Ya’kub, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Baqi, Muhammad Fuad. 1992. ‘Abdul al Mu’jam al Mufahras li al Faz al Quran. Libanon: Daar al Fikr.

Al Fairuzzabadi. 1983. Majdu al Din Muhammad Ibnu Ya’qub. Al Qamus al Muhith Bairut: Dar al Fikr.

Goldziher, Ignaz. 1971. Muslim Studies. London: George Allen & Unwin.

HAM, Musahadi, 2000. Evolusi Konsep Sunnah: Implikasinya Pada Perkembangan Hukum Islam. Semarang: Aneka Ilmu.

Hasan, Ahmad, 1994. The Early Development of Islamic Jurisprudence. India: Adam Publisher & distribution.

Ibnu al Mandhur, Jamal al Din. Tt. Lisan al Arab. Mesir: Dar al Misriyyah.

Ibrahim, Muhammad Ismail. Tt. Mu’jam al Alfaz wa al A’lam al Quraniyyah. Kairo: Dar al Fikr.

‘Itr, Nur al Din. 1992. Manhaj al Naqd fi ‘Ulum al Hadits. Damaskus: Dar al Fikr.

Ismail, Syuhudi. 1994 Pengantar Ilmu Hadits. Bandung: Agkasa.

Ismail, Syuhudi. 1988. Kaedah Kesahehan Sanad Hadits. Jakarta: Bulan Bintang.

Khatib, Muhammad ‘Ajaj. 1989. Ushul al Hadits. Bairut: Dar al Fikr.

Mahmudunnaser. 1981. Islam It’s Concept and Historiy. New Delhi: Nusrat ‘Ali Nasri.

Majid, Nurcholis. 1986. Imam Syafi’I: Peletak Dasar Metodologi Pemahaman Hukum Islam, Kata Pengantar dalam Muhammad Ibnuu Idris al Syafi’i, al Risalah Imam Syafi’I, Terjemahan oleh: AhmdieThoha. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Al Qadir, ‘Ali Hasan ‘Abd. 1942. Nazharat al ‘Ammah fi Tarikh al Islamy. Kairo: Ulum Pres.

Rahman, Fazlur. 1965. Islamic Methodology in History. Karachi: Central Institute of Islamic Studies.

Rahman, Fazlur. 1987. Islam, Terjemahan oleh: Senoaji Saleh. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmat, Jalaluddin. 1995. Dari Sunnah Ke Hadits Atau Sebaliknya, dalam Kontekstualisasi Doktrin Islam Dalam Sejarah. Jakarta: Paramadina.

Al Razi, ‘Abd al Rahman Ibnu Abi Hatim. Tt. Taqaddumat al Ma’rufah li Kitab al Jarh wa al Ta’dil. Hyderabat: Dairah al Ma’arif al ‘Uthmaniyyah, t, tp.

Shalih, Subhi Shalih. 1989. ‘Ulum al Haadith wa Musthalahuh. Bairut: Dar al ‘Ilmi li al Malayin.

Sabbaq, Muhammad. 1972. Al Hadits al Nabawy. Al Maktab al Islamy.

Schacht, Yoseph. 1959. The Origin of Muhammaden Jurisprudence. London: Oxford.




DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v14i3.2659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.