MENELADANI PROFESIONALISME RASULULLAH DALAM DUNIA BISNIS

Nur Asnawi

Abstract


Multidimensional growth in Indonesia not because of economical factor, but because of the behavior of businessmen that is not in the way of that has been formed by Rasulullah, i. e. accountability, disclosure, responsibility, fairness, and honesty. The businessman behavior today looks like so far from those values, emphasizing to profit taking, that makes Indonesian business to be penniless. Dalam melakukan bisnis ada 5 hal yang diteladankan oleh Rasulullah, yaitu: kepn'badian spiritual (faithly), memiliki kejujuran (integrity), berlaku adil dalam bisnis, bersikap melayani dan rendah hati, dan amanah (trusty).

Keywords


bisnis profesional; teladan Rasulullah

Full Text:

PDF

References


Afzalurrahman, Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, (Yayasan Swarna Bhumi, 1997).

Muhammad Syafe'i Antonio, Muhammaad dan Etika Bisnis, dalam Journal Tazkia Institute, 2000.

Michael H. Hart. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah, (Jakarta: Pustaka Jaya, 1994).

Tobroni, Perilaku Kepemimpinan Spiritual dalam Pengembangan Organisasi Pendidikan dan Pembelajaran, Disertasi, (Yogyakarta, 2006).

Frans Magnis Suseno, Etika Dasar, Masalah Pokok Filsafat Moral, (Yogyakarta: Kanisius, 1987).

Sony Keraf, Etika Bisnis Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur, (Yogyakarta: Kanisius, 1995).

Afandi Muchtar, Ensiklopedi Tematis Dunia Islam jilid III, (Vanhoeve: PT Tiara Baru 2002).

Sondang P. Siagian, Etika Bisnis, (Jakarta: Andi ofset, PPM 1996).

Madjid Fakhri, Etika dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Jaya, 1996).

Purwadi, Ramalan Zaman Edan Ronggo Warsito, (Media Abadi: 2004).

Danah Zohar dan Ian Marshal, Spiritual Capital, Memberdayakan SQ di Dunia Bisnis, (Bandung: Mizan, 2005).

Benedicta Prihatin, Kewqirausahaan dari Sudut Psykologi Kepribadian, (Jakarta: Gramedia Media Sarana, 2003).

Mustaq Ahmad, Business Ethics in Islam The International Institute of Islamic Thought, (Pakistan: 1995).

Hermawan Kertajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syari'ah Marketing, (Bandung: Mizan, 2006).

Faridi, Renungan Iman di Gedung Putih, (Malang: UMM Press, 2004).




DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v8i1.6247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Tools:
 
 
 Indexed by:
 
 

All publication by Ulul Albab: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, P-ISSN : 1858-4349, E-ISSN : 2442-5249