ANALISIS DATA SEISMIK DI PEDUKUHAN NYAMPLU AKIBAT KERETA LEWAT

Novi Avisena

Abstract


Telah dilakukan survei geofisika dengan menggunakan metode seismik di  pedukuhan Nyemplu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh getaran kereta  yang lewat terhadap lingkungan   di   sekitarnya   dengan   menganalisa   data   seismiknya.   Penelitian   ini   menggunakan seismometer LennartZ 3 kanal untuk mengukur percepatan gelombang seismik.
Dilakukan  konversi  data  kebentuk  ascii  agar  dapat  dibaca  oleh  komputer,  kemudian  dilakukan integrasi terhadap data sebagai persiapan, kemudian dilakukan koreksi baseline. Setelah itu dilakukan transformasi Fourier  pada  data  sebelum dilanjutkan pada  proses  filtering menggunakab  bandpass filter. Setelah itu data ditampilkan dalam bentuk particle motion untuk mengetahui orientasi getaran tanah ketika mengalami tekanan.
Dari analisa partikel motion tiga dimensi terlihat bahwa arah gerakan pertikel cenderung  pada arah vertikal  dan  yang  membentuk  sudut  90  derajat  terhadap  rel,  namun  agak  sedikit  miring,  hal  ini dimungkinkan karena adanya pengaruh dari komponen gelombang yang sejajar dengan rel.

Keywords: Seismik, Getaran Tanah, Kereta.


Keywords


Seismik; Getaran Tanah; Kereta

Full Text:

PDF PS


DOI: https://doi.org/10.18860/neu.v0i0.1652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Novi Avisena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Editorial Office of Jurnal Neutrino:
Department of Physics, Faculty of Sains and Technology, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
B.J. Habibie 2nd Floor
Gajayana st. No.50 Malang 65144
Telp. +62 813-4090-1818
Email: neutrino@uin-malang.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 

View My Stats