Islam Mengajarkan Kerukunan Dan Kebersamaan

Rector - -

Abstract


Rukun ternyata sedemikian mahal harganya dan juga sedemikian indah untuk dilihat. Disebut mahal, oleh karena ternyata tidak mudah  mewujudkan, apalagi di tengah-tengah masyarakat majemuk atau berbeda-beda dari berbagai latar belakang. Disebut indah, karena dari kerukunan akan tampak  kasih sayang dan melahirkan kekuatan serta  saling melengkapi atas kekurangan masing-masing.  
Islam mengajarkan tentang kerukunan. Antar sesama diajarkan agar saling bertemu, mengenal atau taáruf. Manusia diciptakan dalam keadaan berbeda-beda, baik dari penampakan fisik, pikiran maupun jiwanya.  Disebutkan bahwa  manusia adalah makhluk  unik. Artinya, adalah  khas, atau masing-masing berbeda atas lainnya. Tidak ada dua manusia yang persis sama. 
Perbedaan itu sampai pada suaranya. Masing-masing orang memiliki suara yang berbeda-beda, dan khas sifatnya. Umpama saja seseorang memiliki anak 10 jumlahnya, maka masing-masing  memiliki  suara berbeda-beda. Dengan perbedaan itu, maka setiap  orang dapat dikenali melalui suaranya. Begitu pula masing-masing orang diberi kemampuan untuk merekam setiap jenis  suara yang berbaneka ragam itu.

Keywords


Islam; Kerukunan; Kebersamaan

Full Text:

PDF PostScript