Membangun Lembaga Pendidikan yang Islami
Abstract
Setiap sekolah yang beridentitas Islam, ingin mengantarkan peserta didiknya menjadi anak sholeh-sholikhah atau berkepribadian Islami. Hanya saja, betapa beratnya tugas ini harus diemban. Sebab, ternyata belum semua lembaga pendidikan yang beridentitas Islam mampu melahirkan lulusan yang diidamkan itu. Banyak informasi, yang menyebutkan bahwa orang tua mengeluhkan terhadap anaknya lantaran perilakunya kurang menggembirakan. Padahal ia sudah menyekolahkannya di lembaga pendidikan Islam.
Beban berat ini, kiranya tidak terlalu sulit dipahami, sebab betapa kompleknya lingkungan di luar kehidupan keluarga dan sekolah pada saat ini. Sekalipun di sekolah dan juga di lingkungan keluarga para siswa telah dibiasakan berperilaku santun, tetapi ternyata di luar kedua lingkungan itu mereka memperoleh contoh kehidupan yang berlawanan dengan nilai-nilai yang dikembangkan di sekolah atau di keluarga. Problem inilah yang saat ini dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam atau madrasah.
Beban berat ini, kiranya tidak terlalu sulit dipahami, sebab betapa kompleknya lingkungan di luar kehidupan keluarga dan sekolah pada saat ini. Sekalipun di sekolah dan juga di lingkungan keluarga para siswa telah dibiasakan berperilaku santun, tetapi ternyata di luar kedua lingkungan itu mereka memperoleh contoh kehidupan yang berlawanan dengan nilai-nilai yang dikembangkan di sekolah atau di keluarga. Problem inilah yang saat ini dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam atau madrasah.
Keywords
Membangun; Lembaga; Pendidikan; Islami