PEMBELAJARAN YANG MENCERDASKAN DAN MENCERAHKAN BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Hari Rabu soreæ tanggal 20 Februari 2008, sebagaimana biasa sepulang dari kantor—sekitar jam 15.00, saya tidur sejenak sekitar 30 menit. Begitu bangun tidur saya mendapat telpun dari Mas Gugus Iriyanto, memberitahu agar saya bersedia mengisi acara pertemuan para dosen Fakultas Ekonomi Unibraw pada hari Sabtu, tanggal 23 Pebruari 2008, bertempat di Klub Bunga Batu. Saya, kata beliau, diminta berbicara tentang pembelajaran yang kreatif, mencerdaskan, dan sekaligus mencerahkan. Sebelum menyatakan sanggup, ketika itu saya tanya dulu, siapa pesertanya. Maka dijawab oleh Mas Gugus, seluruh dosen Fakultas Ekonomi Unibraw yang berjumlah sekitar 140-an orang. Saya kemudian balik bertanya lagi, apakah juga dihadiri oleh para dosen senior, semisal Prof. Ubud Salim, MA. Dijawab, benar. Tentu saya kaget, bagaimana saya harus berbicara di depan senior saya, yang dari mereka itu saya telah banyak belajar, dan menjadikan mereka sebagai sosok idola yang saya banggakan. Bersyukur, diingatkan oleh Mas Gugus, bahwa kebetulan acara itu sifatnya semacam sharing pengalaman. Maka, setelah ada gambaran seperti itulah, kemudian saya sanggupi permintaan itu.
Keywords
PEMBELAJARAN; MENCERDASKAN; MENCERAHKAN; MAHASISWA; PERGURUAN; TINGGI