Pengajaran : Proses Pencaharian

Rector - -

Abstract


Sudah lama diperbincangkan bahwa agar pengajaran berhasil maka harus dilakukan dengan pendekatan siswa aktif, dan bukan guru yang justru lebih aktif. Keberhasilan guru seharusnya diukur dari seberapa jauh ia mampu merubah psikologis siswa, dari tak tertarik terhadap sesuatu menjadi lebih tertarik, dari belum mengetahui menjadi mengetahui, dari tak bisa menjadi bisa dan seterusnya. Guru disebut hebat bukan saja tatkala ia bisa mende monstrasikan pengetahuannya, agar dia dipandang pintar oleh murid-muridnya. Bukan sekedar itu. Guru seharusnya pintar, tetapi tugas guru di hadapan murid bukan menunjukkan kepintarannya. Sokrates seorang filosof Yunani, sehubungan peran yang ia lakukan sebagai guru , tatkala ditanya tentang seberapa luas pengetahuannya di hadapan murid-muridnya, ia justru menjawab bahwa ia tak tahu apa-apa. Katanya, tugas guru adalah bertanya. Oleh karena itu, sekalipun ia tak tahu apa-apa, asalkan memiliki semangat bertanya maka justru tepat menjadi guru.

Keywords


Pengajaran; Proses; Pencaharian

Full Text:

PS PDF