Dari Lembaga Pendidikan Siswa Belajar Berbohong

Rector - -

Abstract


Semua pihak mafhum bahwa lembaga pendidikan hendaknya melakukan peran-peran maksimal untuk menjadikan para muridnya berlaku jujur, amanah, sabar, ikhlas, istiqomah, cerdas, mandiri, bertanggung jawab dan berpengetahuan luas. Pertanyaannya kemudian adalah apakah peran-peran itu selalu berhasil ditunaikan. Sudah barang tentu, tidak mudah memberikan jawaban secara pasti, apalagi jawaban itu misalnya tegas yakni selalu berhasil.
Di lembaga pendidikan selalu ditanamkan sifat-sifat yang mulia, termasuk kejujuran, bahkan akhir-akhir ini dikembangkan konsep yang mungkin aneh, bernama kantin kejujuran di sekolah-sekolah. Dibuatlah di lokasi sekolah itu, kantin sebagaimana kantin pada umumnya. Bedanya dengan kantin lainnya, kantin kejujuran tidak memerlukan tenaga penjaga. Barang-barang yang dijual di kantin itu cukup diberi petunjuk harganya masing-masing. Siapa saja yang mau berbelanja cukup menaruh sejumlah uang di tempat yang telah disediakan sesuai dengan harga barang yang diambil. Dengan cara ini diharapkan, para siswa terbiasa berlaku jujur di mana dan dengan siapa saja.

Keywords


Lembaga; Pendidikan; Siswa; Belajar; Berbohong

Full Text:

PDF PS