Merumuskan Pendidikan Islam Berparadigma Al Qur'an dan As Sunnah Sebagai Upaya Meraih Keunggulan Akademik dan Akhlak
Abstract
Kitab suci dan sejarah kehidupan nabi Muhammad saw akan dijadikan sebagai sumber ilmu pengetahuan. Dari sisi historis, Muhammadiyah tatkala mendirikan lembaga pendidikan, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi, secara terbuka juga menerima pikiran-pikiran baru, hingga melahirkan bentuk lembaga pendidikan modern sebagaimana yang kita lihat sekarang ini.
Muhammadiyah dengan demikian telah mengakomodasi antara kebenaran yang bersumberkan kitab suci dan tradisi kehidupan Rasulullah dengan hasil-hasil pemikiran dan kajian ilmiah yang bersumber dari hasil observasi, eksperimentasi dan penalaran logis. Itulah sebabnya, lembaga pendidkan yang dikembangkan oleh Muhammadiyah, dikenal sebagai sekolah umum yang diberi nuansa Islam
Muhammadiyah dengan demikian telah mengakomodasi antara kebenaran yang bersumberkan kitab suci dan tradisi kehidupan Rasulullah dengan hasil-hasil pemikiran dan kajian ilmiah yang bersumber dari hasil observasi, eksperimentasi dan penalaran logis. Itulah sebabnya, lembaga pendidkan yang dikembangkan oleh Muhammadiyah, dikenal sebagai sekolah umum yang diberi nuansa Islam
Keywords
Pendidikan; Islam; Berparadigma; Al Qur'an; Sunnah; Keunggulan; Akademik; Akhlak