Penanaman Etika Lingkungan sebagai Penerapan Jiwa Biologis pada Tiap Individu serta Korelasinya dengan Surat Al-A’raf ayat 56

Nafisa Qotrul Hidayah

Abstract


Lingkungan merupakan tempat berlangsungnya segala aktivitas makhluk hidup di dunia. Perlindungan lingkungan adalah pekerjaan manusia. Lingkungan memiliki pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia. Lingkungan dapat berubah fungsinya karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena era global. Kesadaran ekologis sangat penting bagi masyarakat untuk mengatasi perubahan lingkungan. Selain itu, kerusakan kondisi alam terus berlanjut, yang memprihatinkan. Kesadaran ekologis dapat dimulai dengan penerapan etika lingkungan. Etika lingkungan dapat diatasi dengan mengubah cara kita berpikir dan hidup secara keseluruhan daripada sebagai individu. Ada korelasi antara etika lingkungan dengan firman Allah SWT dalam Surat al-Araf ayat 56, yang melarang manusia merusak bumi setelah Allah SWT memulihkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan etika lingkungan dan isu-isu terkait. Serta mengetahui bahwa korelasi antara etika lingkungan dengan sintesa Al-Qur'an dari 56 ayat Surat al-Araf adalah bagaimana umatnya hidup sebagai Al-Qur'an.

Kata Kunci : Etika, Lingkungan, Al-A’raf, Manusia.


Full Text:

PDF

References


Asroni, A. (2022). ETIKA LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4(1), 54-59.

Budianta, D. (2010). Pentingnya Etika Lingkungan Untuk Meminimalkan Global Warming.

Hin, A. L. C. (2001). Buberian environmentalism (Unpublished Thesis). Singapura: Department of Philosophy, National University of Singapore.

Hudha, A. M., & Rahardjanto, A. (2018). Etika Lingkungan (Teori dan praktik pembelajarannya) (Vol. 1). UMMPress.

Manik, K.E.S. (2016). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kencana

Marfai, M. A. (2013). Pengantar etika lingkungan dan kearifan lokal. Yogyakarta: GMU Press.

Masitoh, S. (2015). Konsep Etika Lingkungan Perspekif al-Qur’an: Studi Tafsir Tematik. Jurnal Al-Fath, 9(02)

Minarno, E. B. (2017). Integrasi sains-Islam dan implementasinya dalam pembelajaran biologi. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (pp. 664-669).

Mustakim, M. (2018). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Surat Al-A’raf Ayat 56-58 Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab). JIE (Journal of Islamic Education), 2(1).

Najib, A. (2015). NILAI-NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM AL-QUR’AN TELAAH TAFSIR SURAH AL-A’RAF [7] AYAT: 56. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya: 331-343

Okoli, C. & Schabran, K. (2010). A Guide to Connducting a Systematic Literature Review of Information System Research. Sprout: Working papers on Information System, 10(26).

Rusdina, A. (2015). Membumikan etika lingkungan bagi upaya membudayakan pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab. Jurnal Istek, 9(2).

Sembel, D. T. (2015). Toksikologi lingkungan. Penerbit Andi.

Shihab, M. Quraish. (2003). Tafsi>r Al-Mis}ba>h}: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 5. Jakarta: Lentera Hati

Syamsuri, I. (1996). Etika lingkungan (Usul tentang cara merumuskan dan memasyarakatkannya). Chimera, 1(2), 85-98.

Wibowo, H. A., Wasino, W., & Setyowati, D. L. (2012). Kearifan lokal dalam menjaga lingkungan hidup (Studi kasus masyarakat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Journal of Educational Social Studies, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.18860/es.v2i1.18139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Gedung B.J. Habibie
Jalan Gajayana No. 50, Malang 65144

Email : esyajar@uin-malang.ac.id



This work is licensed under CC BY-NC-SA

Es-Syajar: Journal of Islam, Science, and Technology Integration ISSN: 2988-7909