Pembelajaran IPA Melalui Metode CTL Pada Materi DNA sebagai Prasyarat Pemahaman Terhadap Tes DNA

Endro Tri Susdarwono

Abstract


Contextual Teaching and Learning atau pembelajaran kontekstual adalah suatu pembelajaran yang mengupayakan agar siswa dapat menggali kemampuan yang dimilikinya dengan mempelajari konsep-konsep sekaligus menerapkannya dengan dunia nyata di sekitar lingkungan siswa. Sedangkan tes DNA adalah sebuah metode identifikasi fragmen dari asam deoksiribonukleat, atau DNA itu sendiri. DNA merupakan materi genetic yang bisa kita temukan dalam inti sel makhluk hidup (nucleus). Tujuan penelitian ini memberikan deskripsi mengenai pembelajaran IPA melalui metode CTL pada materi DNA sebagai prasyarat pemahaman terhadap tes DNA.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The one-shot case study design, Sedangkan teknik sampling yang digunakan untuk desain ini adalah purposive sampling. Prosedur pengujian hipotesis menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov, dasar analisisnya adalah perbandingan antara frekuensi kumulatif hasil pengamatan (observed cumulative frequency) dengan frekuensi kumulatif yang diharapkan (expected cumulative frequency). Sesuai dengan kriteria pengujian yang diberlakukan, hipotesis nihil yang menyatakan bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap materi DNA yang sesungguhnya sama dengan nilai rata-rata pemahaman siswa terhadap materi DNA yang diharapkan bisa diterima. Atas dasar kesimpulan akhir yang dapat dirumuskan tersebut maka pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan CTL dalam materi terkait DNA terhadap keadaan atau kondisi pemahaman yang diharapkan telah terwujud.

Keywords


CTL; materi DNA; tes DNA

Full Text:

PDF

References


Amran, M. & Muslimin. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar. Jurnal Office, 3(1), 67-71.

Arni, Jahidin, & Suriana. (2019). Pengaruh Strategi Belajar M3K (Membaca, Mengidentifikasi dan Menguji Konsep) - Metakognisi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mereduksi Miskonsepsi Materi Sistem Ekskresi Siswa. Jurnal Biofiskim, 1(1), 10-19.

Bahtiar, Safilu, & Alimin. (2019). Penerapan Experiential Learning Model Pada Pembelajaran IPA Untuk Pengembangan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 20-28.

Fatimah, S. & Kartika, I. (2013). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Al-Bidayah, 5(2), 281-297.

Fatimah. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Inkuiri Di Kelas II SDN 15 Segedong. (Skripsi) Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill Companies. Inc

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It is Why It’s Here to Stay. California: Corwin Press, Inc.

Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204-210.

Kreeger, L.R., & Weiss, D.M. (2003). Forensic DNA Fundamentals for the Prosecutor: Be not Afraid. Alexndria: APRI.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Marlina. (2011). Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Perkuliahan Dasar Rias (Tata Kecantikan Wajah dan Rambut) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 13-23.

Muharram, Lodang, H., Nurhayati, & Tanrere, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan Di Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 311-320.

Mujakir. (2015). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82-92.

Nihlah, U.I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Website Guna Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI/SD. (Tesis) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.

P. Rahayu, S. Mulyani, & S.S. Miswadi. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 1(1), 63-70.

Rosyidah, Ima. Retrieved June 17, 2021, from Pengembangan KBK melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual website http://www.re-searchengines.com/artikel.html.

Strathem, P. (2010). Seri Penemu dan Pemikir: Crik, Watson, dan DNA. Jakarta: Erlangga.

Syatra, A.K. (2011). Misteri DNA Manusia. Yogyakarta: FlashBooks.

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA dI SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 67-84).

Warta, Nyoman. Retrieved June 17, 2021, from Inovasi Belajar Sains Berbasis Kontekstual website: http://pelangi.dit.plp.go.id//index.php.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.13039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment