Pembelajaran IPA Melalui Metode CTL Pada Materi DNA sebagai Prasyarat Pemahaman Terhadap Tes DNA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amran, M. & Muslimin. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mapala Makassar. Jurnal Office, 3(1), 67-71.
Arni, Jahidin, & Suriana. (2019). Pengaruh Strategi Belajar M3K (Membaca, Mengidentifikasi dan Menguji Konsep) - Metakognisi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mereduksi Miskonsepsi Materi Sistem Ekskresi Siswa. Jurnal Biofiskim, 1(1), 10-19.
Bahtiar, Safilu, & Alimin. (2019). Penerapan Experiential Learning Model Pada Pembelajaran IPA Untuk Pengembangan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 20-28.
Fatimah, S. & Kartika, I. (2013). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Al-Bidayah, 5(2), 281-297.
Fatimah. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Inkuiri Di Kelas II SDN 15 Segedong. (Skripsi) Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34.
Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill Companies. Inc
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It is Why It’s Here to Stay. California: Corwin Press, Inc.
Khusniati, M. 2012. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204-210.
Kreeger, L.R., & Weiss, D.M. (2003). Forensic DNA Fundamentals for the Prosecutor: Be not Afraid. Alexndria: APRI.
Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Marlina. (2011). Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Perkuliahan Dasar Rias (Tata Kecantikan Wajah dan Rambut) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 13-23.
Muharram, Lodang, H., Nurhayati, & Tanrere, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan Di Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3), 311-320.
Mujakir. (2015). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Lantanida Journal, 3(1), 82-92.
Nihlah, U.I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Website Guna Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MI/SD. (Tesis) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.
P. Rahayu, S. Mulyani, & S.S. Miswadi. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, JPII 1(1), 63-70.
Rosyidah, Ima. Retrieved June 17, 2021, from Pengembangan KBK melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual website http://www.re-searchengines.com/artikel.html.
Strathem, P. (2010). Seri Penemu dan Pemikir: Crik, Watson, dan DNA. Jakarta: Erlangga.
Syatra, A.K. (2011). Misteri DNA Manusia. Yogyakarta: FlashBooks.
Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA dI SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 67-84).
Warta, Nyoman. Retrieved June 17, 2021, from Inovasi Belajar Sains Berbasis Kontekstual website: http://pelangi.dit.plp.go.id//index.php.
DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.13039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment