Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan Terhadap Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi
Abstract
Masalah lingkungan muncul akibat dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Hal itu terjadi karena rendahnya kesadaran manusia tentang lingkungan. Upaya untuk mengatasi masalah lingkungan yaitu menanamkan literasi lingkungan di sekolah melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran animasi lingkungan topik hemat energi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE, yang meliputi: analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video animasi lingkungan dengan topik hemat energi yang digunakan untuk meningkatkan literasi lingkungan pada siswa kelas IV SDN Patokpicis 01 Wajak. Kelayakan video animasi lingkungan topik hemat energi dari ahli materi diperoleh persentase 86,7% dengan kategori layak. Dari ahli media diperoleh persentase sebesar 89% dalam kategori sesuai, dari ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 95,9% dalam kategori sesuai. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa mendapatkan respon yang sangat baik, dari guru diperoleh persentase sebanyak 92,5% dan dari siswa diperoleh persentase sebanyak 94,5%. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai rata-rata 90 yang berarti “Sangat Efektif” sehingga media video animasi lingkungan pada topik hemat energi yang dikembangkan peneliti untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa layak digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adkhar, B. I. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam DiSD LABSCHOOL UNNES. 1–195.
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. 3(1).
Aysolmaz, B., & Reijers, H. A. (2021). Animation As a Dynamic Visualization Technique For Improving Process Model Comprehension. Information and Management, 58(5), 103478. https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103478
Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2018). Audio-Visual Media in Learning. Journal of K6, Education, and Management, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.11594/jk6em.01.02.01
Gani, H., & Sabara, E. (2017). Environmental Education Model with Scripts-Based Education, Develop, Society and Audio Visual (EDS-AV). Ijsdr, 2(9), 86–88.
Isti, L. A. (2017). Pengembangan Media Video Animasi Tema 5 Fokus Bahasan Sifat-Sifat Cahaya dan Keterkaitannya Dengan Indra Penglihatan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 9–35. http://repository.unimus.ac.id/411/
Karimzadegan, H., & Meiboudia, H. (2012). Exploration of Environmental Literacy in Science Education Curriculum in Primary Schools in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 404–409. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.131
Kaya, V. H., & Elster, D. (2019). A Critical Consideration of Environmental Literacy: Concepts, Contexts, and Competencies. Sustainability (Switzerland), 11(6). https://doi.org/10.3390/su11061581
Kidman, G., & Casinader, N. (2019). Developing Teachers Environmental Literacy through Inquiry-based Practices. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(6). https://doi.org/10.29333/ejmste/103065
Kör, H., Aksoy, H., & Erbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-books) Used in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 854–860. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58
Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392
Nugraha, F., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. (2021). Disparitas Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 15–35. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.17744
Nurfuati, R., & Amelia, Z. (2020). Pengembangan Model Video Interaktif Dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 4(2), 131–147.
Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2020). The Role of Eco-School Program (Adiwiyata) towards Environmental Literacy of High School Students. European Journal of Educational Research, 9(3), 1089–1103. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1089
Putri, F. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Literasi Lingkungan Pada Materi Ekosistem. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8
Saefudin, E. A., & Sumardi, K. (2019). Learning Media for Vocational Education. 299(Ictvet 2018), 165–167. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.36
Saribas, D., Teksoz, G., & Ertepinar, H. (2014). The Relationship between Environmental Literacy and Self-efficacy Beliefs toward Environmental Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3664–3668. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.820
Sujiyo, M. (2019). Menanamkan Literasi Lingkungan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 517–522.
Szczytko, R., Stevenson, K., Peterson, M. N., Nietfeld, J., & Strnad, R. L. (2019). Development and Validation of the Environmental Literacy Instrument for Adolescents. Environmental Education Research, 25(2), 193–210. https://doi.org/10.1080/13504622.2018.1487035
Tarigan, E. (2013). Pemetaan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Dan Menengah Akan Pemanfaatan Energi. Nasional Tahunan Matematika, Sains …, 1–7. http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/33966
Trisna, I. P., Semara, A., Agung, A., & Agung, G. (2021). Pengembangan Video Animasi Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas IV. 26(1), 99–107.
Ulfah, M., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). The Completeness of Environmental Literacy Aspects Studied in the Articles Published in Several Countries. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 75–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10813
Wibowo, E. J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 85–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/1738/1662
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Video Animasi IPA SD Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. … PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar …, 3(2), 264–274.
DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i1.13236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Experiment: Journal of Science Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment