Pengembangan Buku Ajar Online Berbasis Learning Cycle 7E dengan Menekankan Fase Engangament untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya

Dian Agustini, Wirawan Fadly

Abstract


Pemahaman dan penerapan konsep IPA akan lebih mudah dikuasai ketika peserta didik membangun sendiri pengetahuannya. Salah satu upaya dalam mengontsruk pengetahuan adalah dengan bertanya. Kemampuan bertanya peserta didik yang masih rendah salah satunya dikarenakan kurang menariknya bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar online berbasis learning cycle 7E dengan menekankan fase engangement yang teruji kevalidannya kepraktisannya dan keefektifannya dalam meningkatkan kemampuan bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diringkas menjadi enam tahapan, Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validitas, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa buku ajar online layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil validitas sebesar 82% pada aspek konten/materi dan 84% pada aspek keterbacaan/desain. Sedangkan validitas konstruk menunjukkan bahwa fitur yang dikembangkan telah sesuai dengan kemampuan bertanya. Berdasarkan respons peserta didik, buku ajar yang dikembangkan praktis digunakan. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifkan pada kemampuan bertanya peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka, dapat disimpulkan bahwa buku ajar online berbasis learning cycle 7E dengan menekankan fase engangement valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik.


Keywords


Buku Ajar Online: Learning cycle 7e; Fase Engangement: Kemampuan Bertanya

Full Text:

PDF

References


Adnyani, I. G. A. A. W., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17172 Afdila, N. (2020). A Secondary School Student’s Critical Thinking Ability Profile in Natural Science Subject Matters Based on Learning Style. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 175–182. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2230 Amalia, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa SMP YPWKS Cilegon dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 247. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370 Cahyani, A. A., Pertiwi, F. N., Rokmana, A. W., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 249–258. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.184 Dalie, N. (2018). Implementasi Model Siklus Belajar 5 E dalam Meningkatkan Keterampilan Bertanyapada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas IX Smp Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 176–186. Efendi, N., & Mufidah, D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SEJ (Science Education Journal), 2(2), 109–120. https://doi.org/10.21070/sej.v2i2.2245 Fauville, G. (2017). Questions as indicators of ocean literacy: students’ online asynchronous discussion with a marine scientist. International Journal of Science Education, 39(16), 2151–2170. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1365184 Halimah, A. N., Harlita, H., & Dwiastuti, S. (2020). Discovery Learning Disertai Pertanyaan Divergen untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa pada Pembelajaran Biologi. Edusains, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12762 Indriyani, S., Banjarmasin, U. I. N. A., & Tarbiyah, F. (2019). Kemampuan Dosen Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Mata Kuliah Biologi Dasar di UIN Antasari. Journal of Islamic and Law Studies, Vol.3(1), 41–61. Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. Kalsum, U., Chastanti, I., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 433–441. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921 Kanza, N. R. F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas Xi Mipa 5 Sma Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 71. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955 Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 7 Pekanbaru. Peka, 6(2), 80–89. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2739 Nurhana. (2022). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik dalam Eksplorasi Konsep Lingkungan Hidup dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 1–23. Oktafiana, E., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Modul Ekonomi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Metro. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/edunomia.v1i1.368 Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember. Pembelajaran Fisika, 8(4), 269–274. Ritan, G. O., & Tube, B. (2021). Analisis Jenis Pertanyaan Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 26–32. Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182 Rohmah, N. G., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Analisis Buku Teks IPA SMP Kelas VII Berdasarkan Muatan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Tema Udaraku Bersih. Journal of Science Education, 6(2), 353–360. Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050 Siswanto, & Amanah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(2), 72–80. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i2.5679 Sofnidar, & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969 Supriatna, I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu. 2(2), 38–47. Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, L. A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Pesertad Didik di SMA Negeri Mataran Tahun Ajaran 2018/2019. RELATIVITAS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 20–27. Tanaya. (2017). Profil Kualitas dan Kuantitas Pertanyaan Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas Xi Mia SMA Negeri 1 Madiun. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW, 41–47. Weible, J. L., & Zimmerman, H. T. (2016). Science Curiosity in Learning Environments: Developing an Attitudinal Scale for Research in Schools, Homes, Museums, and The Community. International Journal of Science Education, 38(8), 1235–1255. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1186853 Zaini, H., Darmawan, D., Hernawan, H., Studi, P., Pendidikan, T., Pendidikan, U., Studi, P., Pendidikan, T., Teknologi, K., & Indonesia, P. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika. 4(1), 816–825.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i2.22880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment