Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Proyek Pada Materi Makromolekul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Suchi Wulandari Dai, Netty Ino Ischak, Hendri Iyabu, Lukman A.R Laliyo, La Ode Aman, Haris Munandar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran kimia di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Telaga. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran guided inquiry berbasis proyek pada materi makromolekul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Telaga dengan sampel berjumlah masing-masing 36 orang siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequivalent Pretest and Posttest Control Group Design. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes esai sebanyak 5 butir soal yang mewakili 5 indikator berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain, uji Normalitas, uji Homogenitas, dan pengujian hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen = 81,47 (sangat baik) dan untuk kelas kontrol = 67,95 (baik). Hasil analisis N-Gain (g = 0,77) menyatakan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbasis proyek memiliki kriteria sedang. Hipotesis diuji menggunakan uji-t,  menunjukkan thitung>ttabel (57,72 >1,99). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Guided Inquiry berbasis proyek pada materi makromolekul berpendekatan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Telaga.

 


Keywords


Berpikir Kritis, Guided Inquiry, Makromolekul

Full Text:

PDF

References


Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468 Cahyani, N. I., & Azizah, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 320–326. Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287. Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara. Jakarta. Joenaidy, A. M. (2019). Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Lasana. Jakarta. Ningsih, S. M., & Bambang, S. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 44–52. Ramadhani, Andromeda, & Haowraida. (2022). Implementasi Model Guided Inquiry Berbasis LSLC Pada Materi Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Chemical Education, 11(2), 113–120. Seranica, C., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2018). Influence of Guided Inquiry Learning Model to Critical Thinking Skills. 8(1), 28–31. https://doi.org/10.9790/7388-0801022831 Tinenti, Y. R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Deepublish. Yogyakarta. Wahyudi., Verawati, N. N. S. P. (2018). Inquiry Creative Process : Suatu Kajian Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kteterampilan Berpikir Kritis. Duta Pustaka Ilmu. Mataram.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i2.23034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment