Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI

Siti Jamila, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Makhrus Makhrus

Abstract


This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning model assisted by PhET media on the physics learning outcomes of class XI students. This type of research is a quasi-experimental research design with nonequivalent control group design. The population of this study were all students of class XI SMA Negeri 6 Mataram, totaling four classes. The sample of this study was class XI IPA 1 as the experimental class and class XI IPA 3 as the control class which were selected using the Purposive Sumpling technique. The results of study showed that there was an influence of the PhET media-assisted Problem Based Learning moddel on the physics learning outcomes of class XI students.


Keywords


Problem Based Learning; PhET Media; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Alfiah, S., dan Dwikoranto. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan HOTs Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 13(1), 10-18.

Amirah, A., dan Ahmaruddin, S. (2020). Konsep dan Aplikasi Epidemiologi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Apriwahyuni, R., Yunus, S., & Wahyuni, D. (2021). Penerapan Model Pembelajara Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan. 2(1), 89-100.

Argaw, A.S., Beyene, B. B., Beyene T. A., dan Shiferaw G. K. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students’ Motivation and Problem solving skills of Physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 13(3), 857–871.

Dachi, Y. A., Zega, L. J. P., Tampubulon, R., & Siboro, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X Semester I SMA Gajah Mada Medan Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Penelitian Fisikawan. 6(1), 25-38.

Edison, A. (2021). Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lombok Tengah NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Gunawan., Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 9-14.

Hawa, Alda., Bambang, S., & Sri, H. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL berbantuan Simulasi PhET pada Materi Termodinamika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 7(2), 327-334.

Intandari, R., Sri, A., & Maryani. (2018). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbantuan Simulasi PhET pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(4), 349-355.

Jauhari, T., Hikmawati., dan Wahyudi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(1), 7-12.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., dan Muntari. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terhadap Kesiapan Guru sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 5(1), 66-72.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., dan Muntari. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru terhadao Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(2), 124-128.

Naufal, E. (2021). Asiknya Pembelajaran Fisika dalam Jaringan di Tengah Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.

Novita, N., Aulia, I., dan Fatmi, N. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal on Education. 5(3), 6092-6100.

Nurcahyati, R., Indrawati., & Wicaksono, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2), 72-78.

Paradina, D., Connie., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika. 2(3), 169-176.

Putra, A., Bektiarso, S., & Handayani, R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Kelas X SMA Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(2), 129-134.

Rahmi, A., Fitri, Y., Zahara, F., & Desnita. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. 1(2), 11-18.

Riandi, T. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ukur Tanah di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Unesa. 1(1), 1-9.

Setyabudi, Sri., Sunarno, W., dan Sukarmin. (2021). Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Melalui Media Animasi dan Modul Interaktif Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Universitas Jember. 1(1), 1-13.

Setyawan, M., dan Koeswanto, H. 2021. Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9(3), 489-496.

Sudiarta, N. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor. Journal of Education Action Reserch. 3(4), 440-447.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Syarifah. (2022). Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi.

Theasy, Y., Bustan, A., dan Nawir, M. 2021. Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pad Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Jurnal Variabel. 4(2), 39-45.

Wicaksono, I., Indrawati., dan Supeno. 2020. PhET (Physics Education Technology) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal ISSN. 5(1), 1-5.

Verawati, N., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PhET: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal. 2(1), 40-46.

Verawati, N., Handriani, L. S., & Prahani, B. K. (2022). The Experimental Experience of Motion Kinematics in Biology Class Using PhET Virtual Simulation and its Impact on Learning Outcomes. International Journal of Esseential Competencies in Education. 1(1), 11-17.

Zaturrahmi., Festiyed., & Ellizar. (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 3(2), 228-236.

Zulkarnaen., Suhirman., Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., Widia., Fathurrahman., Fauzi, Azra., Ramdhani, L., & Verawati, N. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Creative Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 378-382.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v2i2.23108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment