Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Kelas X.2 SMAN Umbulsari

Adilla Dhea Sal Sabilla, Aulya Nanda Prafitasari, Mohamad Abdul Somad

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X.2 di SMAN Umbulsari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan dalam bentuk postest di akhir pembelajaran selama dua siklus. Temuan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik adalah 72,08 dan prosentase ketuntasan sebesar 83,3% sedangkan pada siklus 2 terdapat peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 83,75 dengan prosentase ketuntasan menjadi 88,9%. Kesimpulan dari Penilaian Tindakan Kelas di SMAN Umbulsari pada kelas X.2 menggunakan PBL dengan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai postest.

Keywords


PBL; Diferensiasi; Kognitif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 01(12), 2105–2118. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development Institus Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468–470.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/

Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 2022, 415–417. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/412

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1529–1543.

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode.

Solikhatun, I. S. S., & Maridi. (2015). Pengaruh Penerapan Reality Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 49–60.

Thobroni. (2016). Belajar dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ar-Rush Media.




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment