Validitas Buku Etnobotani Kunyit (Curcuma longa linn.) dalam Pengobatan Tradisional Bapidara

Miftahur Rahmah, Febrianawati Yusup, Agustina Ambar Pertiwi

Abstract


Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan. Buku yang divalidasi adalah buku saku etnobotani kunyit (Curcuma longa Linn.) dalam pengobatan tradisional bapidara. Validator terdiri dari 2 orang, yaitu ahli materi dan ahli media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dari buku saku etnobotani kunyit (Curcuma longa Linn.) dalam pengobatan tradisional bapidara. Adapun hasil yang didapatkan dari uji validasi oleh validator ahli materi dan ahli media buku saku etnobotani kunyit (Curcuma longa Linn.) dalam pengobatan tradisional bapidara adalah valid dengan skor 84,63%, hal ini menunjukkan bahwa buku saku dapat digunakan tetapi perlu revisi kecil. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti untuk perbaikan penelitian selanjutnya adalah: (1) buku saku sebaiknya juga dikembangkan pada materi-materi lain, (2) perlu ditambahkannya gambar pada semua sub materi pada buku saku yang telah dikembangkan agar menarik untuk dipelajari.

Keywords


Educational Design Research (EDR), Evaluasi Formatif Tessmer, Biologi

Full Text:

PDF

References


Safwan, M. (2008). Eksplorasi Etnobotani Terhadap Tumbuhan Hutan yang berkhasiat Sebagai Obat Di Daerah Aliran Sungai Sekayam Kabupaten Sanggau. Kerjasama Untan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak.

Suryadarma, Etnobotani, dalam Diktat Kuliah Jurusan Pendidikan Biologi MIPA : Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Nugraheny, Aulia Riska, “Eksistensi Kearifan Lokal Masyarakat Banjar: Pengobatan Tradisional Bepidara Sebagai Sumber Belajar Ips (Suatu Kajian Tentang Eksistensi Kearifan Lokal Bapidara Pada Kehidupan Sosial Masyarakat Banjar Terutama Di Kota Banjarmasin)”, Laporan Penelitian, 2021.

Handayani, Isnani Siwi, dkk, Buku Ajar Etnobotani, Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press, 2022.

Meikahani, Ranintya dan Erwin Setyo Kriswanto, “Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan dan Perawatan Cedera Olahraga untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol. 11 (No.1), 2015.

Mustari, Mukarramah dan Yunita Sari, “Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 2017.

Tessmer, M., Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training, London: Kogan, 2005.

Azadirachta, Fitria Laras dan Sri Sumarni, “Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi Sayur dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Media Gizi Indonesia, Vol. 12, No.2, Desember 2013




DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v3i2.23407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Experiment: Journal of Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                       

EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: experiment@uin-malang.ac.id / Website: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/experiment