Implementasi Metode Cerita Islami dalam Menanamkan Nilai Moral kepada Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi cerita islami dalam pembelajaran, memahami faktor pendukung dan penghambat metode cerita islami dan memahami dampak metode cerita islami terhadap moral peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan melalui pendekatan kualitatif. Sumber datanya berupa jurnal, buku bacaan, dan literatur yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita merupakan metode komunikasi universal yang dapat mempengaruhi jiwa peserta didik. Metode ini merupakan jembatan komunikasi dalam penyampaian materi pembelajaran Metode cerita akan memberikan kesempatan bagi anak untuk berpikir, merasakan, merenungi cerita tersebut. Faktor pendukung pelaksanaan metode cerita yaitu pendidik, lingkungan, kesadaran beragama peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan waktu, kurangnya keteladanan, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Metode ini dapat membawa perubahan positif dalam diri peserta didik. Keadaan peserta didik yang semula berperilaku tidak terkendali dan kasar, berperilaku kasar dan bebas, lambat laun dapat berkembang dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Azizeh, S. N. (2021). Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 88–114. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v7i1.4237
Bunyanul, B. (2019). Metode Kisah dalam Al-Qur’an dan Sunnah dan Urgensinya dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.31000/jkip.v1i2.1999
Evanirosa. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). CV Media Sains Indonesia.
Fitriani, L. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Islami Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Berkisah. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 3, 247–256. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/101
Huda, L., Syafrida, R., & Nirmala, I. (2020). Menanamkan Nilai-Nilai Islami Pada Anak Usia Dini 3-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 181–191. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/20730
Kholis, N., & Ferawati, P. (2021). Penanaman Moral Agama Pada Anak Melalui Cerita Bernuansa Islami. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(2), 1–23. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/3419
Kusnilawati, K., Fauziddin, M., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.4
Masruri, A. (2021). Signifikansi Penerapan Metode Cerita Bernuansa Islami dalam Menumbuhkan Kedewasaan Beragama Bagi Anak Milenial. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.90
Murdiono, M. (2008). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 38(2), 167–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jk.v38i2.20730
Nurhikma. (2020). Penanaman Akhlak Berbasis Kisah Untuk Anak Usia Dini. GHAITSA : Islamic Education Journal, 1(3), 245–259. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/109
Nuryanto, S. (2016). Berkisah Metode Penguatan Nilai Karakter Islami Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan II, 2, 3–8. http://eprints.umpo.ac.id/2836/
Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in Early Childhood Education: Time to Go Digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x
Safitri, L. N., & ‘Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08
Sinaga, D. Y., Hasibuan, S. H., & Sembiring, E. H. (2022). Impelementasi Metode Cerita Islami dalam Penanaman Moral Keagamaan. Journal on Islamic Education, 5(2), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.1249
Sofiatun, S. (2022). METODE CERITA ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK MARDI PENI 2 DEMAK. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 14(1), 21–36. https://doi.org/10.34001/an-nida.v14i1.3291
Suyadi. (2010). Membangun Karakter Anak dengan Metode Kisah Qur’ani. Al-Bidayah, 2(2), hlm. 289-306. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i2.110
Tambak, S. (2016). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614
Zulianah, E., Aslamiyyah, S. S., & Maula, M. (2021). Upaya Penanaman Akhlaq Melalui Metode Cerita Islami pada Santri TPQ Shiratun Nur Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun Pelajaran 2020-2021. Akademika, 15(2), 6. https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.674
Refbacks
- There are currently no refbacks.