Pemanfaatan Bahan Ajar pada Pembelajaran IPS dan PKn di MI Darul Hikam Kota Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran IPS dan PKn di MI Darul Hikam, Kota Batu. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru, sementara data sekunder diperoleh dari berbagai jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini berfokus pada bagaimana bahan ajar digunakan dalam proses pembelajaran IPS dan PKn di MI Darul Hikam Kota Batu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di MI Darul Hikam belum secara maksimal menggunakan bahan ajar yang bervariatif. Sebagian besar mereka menggunakan bahan ajar yang sudah ada dan sudah biasa digunakan, yaitu buku tematik. Kurang maksimalnya penggunaan bahan ajar yang bervariatif tersebut disebabkan oleh beberapa kendala, seperti kurangnya sumber daya yang tersedia, alokasi waktu pembelajaran, kompetensi dan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar, dan pengaturan kondisi peserta didik.
Analisis data yang dilakukan secara menyeluruh menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan ajar yang bervariatif masih kurang dilakukan secara maksimal. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan bahan ajar yang inovatif dan relevan untuk mendukung pembelajaran yang efektif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengoptimalkan penggunaan bahan ajar di berbagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar.Full Text:
PDFReferences
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304.
Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H., & Rustini, T. (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Membentuk Karakter Bertanggung Jawab Sosial Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 184–188.
Fadhilah, N. R., & Safitri, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Ips Dalam Membangun Dan Membentuk Karakter Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 61–70. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i10.2646
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata pelajaran bahasa inggris di smk atlantis plus depok. Instruksional, 3(1), 1–17.
Fredy, F., Purwanty, R., Rapsanjani, H., Yohanes, R. A., Ismail, M., & Day, W. O. S. H. (2023). PKM pendampingan guru sd yppk hati kudus merauke dalam membuat bahan ajar inovatif berbasis etnomatematika Papua. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 50–57.
Handoko, S. B., Sumanta, S., & Karman, K. (2022). Konsep Pengembangan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11275–11286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234
Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084
Lestari, N. A. P. (2024). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Inovatif dengan Canca pada Mahasiswa PGSD. Synergy and Society Service, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.51713/save.v4i1.87
Magdalena, I., Khofifah, A., & Auliyah, F. (2024). Bahan Ajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(6), 21–30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i6.1758
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184–2194. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.871
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774
Oktavia, P., & Khotimah, K. (2023). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama islam di era digital. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan), 2(5), 66–76.
Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2023). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter warga negara Indonesia. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(4), 105–110. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i12.275
Sanjaya, M. D., Nilawijaya, R., & Erwanto, E. (2021). Strategi dan model pengembangan bahan ajar bagi calon guru di era pandemi covid 19 PBSI FKIP Universitas Baturaja. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 2(1), 1–5. https://doi.org/10.37638/indonesiaraya.2.1.1-5
Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701.Refbacks
- There are currently no refbacks.