Pemilihan dan Pemanfaatan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS dan PPKN pada Pendidikan Dasar

Muhammad Ikmal Faizi

Abstract


Abstract

This research was conducted with the aim of identifying and obtaining information about the selection and use of developing teaching materials for social studies and PPKN subjects in basic education. This research uses the library research method, which is a data collection method by studying theories from various literature sources that are related to this research. This research provides an explanation of the criteria for selecting and utilizing the development of social studies and PPKN teaching materials in basic education. There is no success of a teacher in developing teaching materials without support from the school and his own competence. It is important for school principals to improve teacher competency in order to create an effective and enjoyable learning atmosphere so that students feel comfortable learning and can achieve educational goals.

Keywords: Development of Teaching Materials, Social Sciences and PPKN, Basic Education

 

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Pemilihan dan Pemanfaatan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS dan PPKN Pada Pendidikan Dasar. Penelitian ini menerapkan metode studi Pustaka (Library Research), yang merupakan suatu metode yang mencari dan melakukan pengumpulan data dengan mempelajari dasar teori dari berbagai referensi literatur yang memiliki keterhubungan dengan penelitian ini. Proses penelitian ini memberikan penjelasan tentang kriteria pemilihan dan pemanfaatan pengembangan bahan ajar IPS dan PPKN pada Pendidikan Dasar. Tidak adanya keberhasilan seorang guru dalam pengembangan bahan ajar tanpa dukungan oleh pihak sekolah dan kompetensi dirinya. Penting bagi kepala sekolah guna menunjang kompetensi guru sebagai upaya untuk menyelenggarakan dan mewujudkan suasana belajar yang nyaman serta efisien dan bermakna sehingga peserta didik merasa nyaman untuk belajar serta dapat tercapai tujuan Pendidikan.

Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, IPS dan PPKN, Pendidikan Dasar


Full Text:

PDF

References


Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Cresswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2019). EDUCATIONAL RESEARCH PLANNING, CONDUCTING, AND EVALUATING QUANTITATIVE AND UALITATIVE RESEARCH (6th ed.). Pearson Education, Inc.

Dahniar. (2021). SISTEM PENDIDIKAN, PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM DAN KOMPONEN SERTA INTERPENDENSI ANTAR KOMPONEN PENDIDIKAN. Jurnal Literasiologi, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Gintings, A. (2010). Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Humaniora Utama Press.

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 1–6.

Intan Talitha, R., & Cempakasari, T. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran Ips Kelas V SDN Cijati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 231–241. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.29

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Az-Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Magdalena, I., Ramadhania, C. suci, & Astuti, S. (2024). Berbagai Macam Bahan Ajar Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 128–135.

Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596

Masang, A. (2021). Masang, A. (2021) ‘Universitas Muhammadiyah Makassar a)E-mail: azismasang69@gmail.com’. Universitas Muhammadiyah Makassar. azismasang69@gmail.com

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar yang Inovatif. Diva Press.

Rahmadhani, D. D., Putri, I. C., Putri, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4904–4912. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1574

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Sulistyowati, Prihatin & Yasa, A. D. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Ediide Infografka.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar: Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual (Syamsul Arifin (ed.)). Sanabil. https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHAN AJAR&f=false

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., At Thaariq, Z. Z., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.17977/um050v3i1p1-14

Thaariq, Z. Z. A. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika, 18(2), 80. https://doi.org/10.20961/teknodika.v18i2.42181

Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088

Widodo S. Chomsin, & Jasmadi. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. PT Elex Media Komputindo.

Wijayanti, H., Degeng, I. N., & Sitompul, N. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p026


Refbacks

  • There are currently no refbacks.