Studi komparatif Komponen Pendidikan IPS dan PKN Dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Aristhalia Hevi Febrianti

Abstract


Pendidikan merupakan landasan yang sangat penting dalam mengembangkan karakter dan pengetahuan siswa. Di Indonesia, Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka merupakan dua kurikulum dengan pendekatan berbeda dalam mendidik generasi muda. Kajian perbandingan kedua kurikulum tersebut, dengan fokus pada mata pelajaran IPS dan PKN, memberikan wawasan berharga mengenai efisiensi dan efektivitasnya. IPS dan PKN yang berfokus pada pemahaman masyarakat, budaya, sejarah, geografi, dan ekonomi, membantu siswa memahami dunia di sekitar mereka dan terlibat aktif dalam kehidupan sosial mereka. Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan keleluasaan yang lebih besar bagi sekolah dan guru dalam menentukan materi pembelajaran. Kajian ini juga mengidentifikasi perbedaan dan kelebihan IPS dan PKN dalam mendukung tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif komparatif untuk membandingkan komponen IPS dan PKN pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Kajian ini menggunakan tinjauan pustaka, telaah kurikulum, buku teks, dan jurnal yang relevan untuk menganalisis perbedaan dan persamaan kedua kurikulum tersebut serta efektivitasnya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Kajian ini bertujuan untuk memaparkan perbandingan pendidikan IPS dan PKN secara testruktur dan sistematis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.