Manajamen Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler Dalam Upaya Meningkatkan Students Well-Being

Umi Nahdiyah, Ali Imron, Raden Bambang Sumarsono

Abstract


Lembaga pendidikan merupakan tempat dimana peserta didik menggali serta mengembangkan potensinya. Maka penting untuk sebuah lembaga pendidikan mengekola kegiatan-kegiatan yang diselenggarakn agar peserta didik merasa sejahtera, sehingga peserta didik dapat dan mengembangkan potensinya secara maksimal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler diselenggarakan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan siswa. Penelitian ini dilakuan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui bagaimakah penyelenggaraan pengeloaan kegiatan di lambaga pendidikan dapat meningkatkan kesejahteraan pada peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) dalam perencanaan kegiatan hal utama yang harus dilakukan ialah menentukan tujuan dari setiap kegiatan yang akan dilaksanakan (2) dalam pelaksanaan kegiatan hal yang harus diperhatikan ialah menganai bagaiaman kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dapat berdampak pada keseimbangan social emosional siswa, motivasi, serta rasa penghargaan diri (3) tujuan dilakukan evaluasi ialah untuk menjamin bahwa siswa terlibat secara aktif, merasa terhubung dengan orang lain, dan mendapatkan manfaat dari kegiatan yang mereka ikuti.

Keywords


Management; School Activities; Students Well-Being

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Y., Bakar, N. R. A., & Mahbob, M. H. (2012). Student’s Participation in Classroom: What Motivates them to Speak up? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.199

Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.364

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2). https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Daniyal, M., Nawaz, T., Hassan, A., & Mubeen Iqra. (2012). the Effect of Co-Curricular Activities on the Academic Performances of the Students: a Case Study of the Islamia University of Bahawalpur, Pakistan. Bulgarian Journal of Science and Education Policy, 6(2).

Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.

Gregory, T., Dal Grande, E., Brushe, M., Engelhardt, D., Luddy, S., Guhn, M., Gadermann, A., Schonert-Reichl, K. A., & Brinkman, S. (2021). Associations between School Readiness and Student Wellbeing: A Six-Year Follow Up Study. Child Indicators Research, 14(1). https://doi.org/10.1007/s12187-020-09760-6

Haimovitz, K., & Dweck, C. S. (2017). The Origins of Children’s Growth and Fixed Mindsets: New Research and a New Proposal. Child Development, 88(6). https://doi.org/10.1111/cdev.12955

Kantomaa, M. T., Stamatakis, E., Kankaanpää, A., Kaakinen, M., Rodriguez, A., Taanila, A., Ahonen, T., Järvelin, M. R., & Tammelin, T. (2013). Physical activity and obesity mediate the association between childhood motor function and adolescents’ academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 110(5). https://doi.org/10.1073/pnas.1214574110

Khatimah, H. (2015). Gambaran School Well-Being pada Peserta Didik Program Kelas Akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4485

Kurniastuti, I., & Azwar, S. (2014). Konstruksi skala kesejahteraan siswa Sekolah Dasar. JURNAL PSIKOLOGI, 41(1), 1–16. http://etheses.uin-malang.ac.id/44926/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/44926/1/200401210014.pdf

Lele, P. B., Putra, S. H. J., Bare, Y., & Bunga, Y. N. (2023). Implementation of Outing Class to Stimulate Student Motivation. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1328

Muhammad, S., Sapri, M., & Sipan, I. (2014). Academic Buildings and Their Influence on Students’ Wellbeing in Higher Education Institutions. Social Indicators Research, 115(3). https://doi.org/10.1007/s11205-013-0262-6

Nomi, T. (2010). The effects of within-class ability grouping on academic achievement in early elementary years. Journal of Research on Educational Effectiveness, 3(1). https://doi.org/10.1080/19345740903277601

Ramanda, P., & Khairat, I. (2017). Perbedaan Kematangan Sosial Siswa yang Berasal dari Sekolah Homogen dan Sekolah Heterogen. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4). https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p148

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p199

Soutter, A. K., O’Steen, B., & Gilmore, A. (2014). The student well-being model: A conceptual framework for the development of student well-being indicators. International Journal of Adolescence and Youth, 19(4). https://doi.org/10.1080/02673843.2012.754362

Wang, L., & Calvano, L. (2022). Class size, student behaviors and educational outcomes. Organization Management Journal, 19(4). https://doi.org/10.1108/OMJ-01-2021-1139

Warner, B. (2015). An Exploration of Engagement, Motiviation and Student-Centered Learning in Physical Education. Journal of Unschooling & Alternative Learning, 9(18), 1–14. https://acces.bibl.ulaval.ca/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=101718202&lang=fr&site=ehost-live




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i2.22499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: