Uji Usability pada Institutional Repository Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan Metode System Usability Scale (SUS) dan Discovery Prototyping

Alimatul Listiyah, Fakhris Khusnu Reza Mahfud, Firma Sahrul Bahtiar

Abstract


Salah satu koleksi digital yang disediakan oleh perpustakaan perguruan tinggi adalah Institutional Repository (IR). Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyediakan IR untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Namun dalam penerapannya, masih terdapat kendala yang dialami oleh pengguna. Maka dari itu perlu dilakukan uji usability IR Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan metode System Usability Scale (SUS) dan discovery prototyping. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil uji usability IR Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta untuk mengetahui apakah SUS dan discovery prototyping mempunyai pengaruh positif atau negatif terhadap usability. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif, dengan jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu rumus berdasarkan metode SUS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa skor usability yang didapat adalah 50,1. Hal ini disebabkan beberapa kendala seperti basic search yang tidak berfungsi dengan semestinya, tata letak navigasi yang kurang tepat, dan tampilan muka yang kurang menarik. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, skor yang didapat mengalamai peningkatan sebesar 28,725 menjadi 78,825. Hal ini dapat membuktikan bahwa pembuatan prototype berhasil dan metode SUS serta discovery prototyping mempunyai pengaruh positif terhadap usability.


References


Aprilia, G. D. (2016). Kepuasan Pemustaka pada Website Institutional Repository (Studi di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Universitas Brawijaya.

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System usability scale vs heuristic evaluation: a review. Simetris, 10(1), 65–74.

Gibbons, S. (2009). Chapter 2: Defining an Institutional Repository. Library Technology Reports, 40(4), 6–10.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hijrih, F. (2016). Peningkatan Layanan Koleksi Digital Institutional Repository (IR) dengan EPRINTS di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Pustakaloka, 8(2), 161–172. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i2.678

H.n, I. A., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 17(1), 31–38.

Kaban, E., Brata, K. C., & Brata, A. H. (2020). Evaluasi Usability Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping Pada Aplikasi PLN Mobile (Studi Kasus Pt. PLN). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10, vol. 4, no. 10, pp. 3281–3290.

Nioga, A., Brata, K. C., & Fanani, L. (2019). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1396–1402.

Pratama, Zudha., Hudha, Yans Safarid., Prayoghi, M Lukman., (2018). Analisa Perbandingan Query Pencarian menggunakan Fungsi Match-Against pada Mysql dengan Tabel Kamus. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 11(1), 15-25.

Will T. (2017). Measuring and Interpreting System Usability Scale (SUS). UIUX Trend. https://uiuxtrend.com/measuring-system-usability-scale-sus/




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v3i1.17001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Ilmu Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia