Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 73 jakarta Sebagai Pusat Sumber Belajar

Anisah Eky Febriani, Nita Siti Mudawamah, Mubasyiroh Mubasyiroh

Abstract


Pusat sumber belajar merupakan sarana pembelajaran yang sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di sekolah. Perpustakaan sekolah dapat dikatakan sebagai pusat sumber belajar apabila perpustakaan sudah menjadi perpustakaan ideal. Tujuan penelitian ini adalah membuat dan merencanakan rencana strategi yang diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion). Hasil dari penelitian ini adalah perancangan dan penyusunan profil perpustakaan sekolah, visi, misi, tujuan, dan strategi pengembangan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar.

References


Abas, W. A. K. W. D. dan Z. A. (2014). Library Performance Measurement: Definitions and Current Practices. Library Review, Vol. 63, N.

American Association of School Librarians (AASL) | A division of the American Library Association. (n.d.). Retrieved March 31, 2023, from https://www.ala.org/aasl/

Efrina, M. (2017). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Manajer Pendidikan, 11, 517–524.

Harahap, W. R. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1), 103. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i1.9314

Hardjomuljadi, S. (2016). Perpustakaan Sekolah: Manajemen dan Pengembangan. Jakarta: Grasindo.

Rencana Strategis Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota, 1 (2021). https://doi.org/351.077 Ind r

Kasiyah, H. dan K. (2018). Perpustakaan Sekolah sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: Aura Publishing House.

Komarudin. (2012). Rencana Strategis Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Praktis. Pustakaloka, 3(1), 20–31. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/view/632

Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah, (2017).

Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, (2015).

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar Teori Dan Aplikasinya Di Sekolah/Madrasah. Yogjakarta:Diva Press.

Putu, L., Ariyani, S., & Mudana, W. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Pada Sma Dan Smk Negeri Se-Kota Singaraja : Permasalahan Dan Solusi. 2(2), 123–133.

Qurotianti, A. (2018). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Menerapkan Pelayanan Prima Di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi …. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 3(2), 31–36. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/23259/11-Article Text-38-1-10-20180717 (1).pdf?sequence=3

Saderi. (2017). Strategi Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Media Pembelajaran Siswa. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan, 102–116.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabetha.

Sulistyowati. (2012). Pengembangan Pusat Sumber Belajar Dalam Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan. 2(2), 99–110.

UNESCO. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy for Indicator 4.4.2. Information Paper, 51, 1146. http://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/ip51-global-framework reference-digital-literacy-skills-2018-en

Whetten, D. A., & Cameron, K. S. (2013). Developing management skills. Pearson Education Limited.

Wijanarko, B., & S. (2019). Perencanaan dan Pengembangan Perpustakaan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v5i1.24056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Sains Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia