Analisis Kualitas Layanan Pengguna Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Nasional Malang Menggunakan Metode LibQUAL+TM

Annisa Aklysta Leonisti, Annisa Fajriyah, Mubasyiroh Mubasyiroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan pengguna Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berdasakan dimensi LibQUAL+TM yang terdiri dari Affect of Service, Library as Place, dan Information Access. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 97 responden yaitu pengguna yang mengunjungi atau berkunjung ke Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada bulan September 2022 hingga Februari 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan kuesioner. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 23. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi Affect of Service pengguna merasa cukup puas dengan nilai adequancy gap 0,02, dan kualitas layanan dimensi Affect of Service dinilai baik dengan nilai superiorty gap -0,03. Pada dimensi Library as Place pengguna merasa cukup puas dengan nilai adequancy gap 0,14, dan kualitas layanan dimensi Library as Place dinilai baik dengan nilai superiorty gap -0,04. Pada dimensi Information Access pengguna merasa belum puas dengan nilai adequancy gap -0,12, dan kualitas layanan dimensi Information Access dinilai baik dengan nilai superiorty gap -0,27. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kualitas layanan pengguna Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada setiap dimensi dinilai baik atau masuk ke dalan zona toleransi, namun belum memenuhi harapan ideal yang diinginkan oleh pengguna.


References


Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Gowa: Gunadarma Ilmu.

Kusuma, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Menggunakan Libqual Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya. Jurnal Petra Surabaya,1-22.

Marguna, A. M. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Jupiter, 13(1), 29-38.

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka Menggunakan Metode LibQUAL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v5i1.27616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Sains Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia