Kecemasan Pemustaka (Library Anxiety) pada Mahasiswa Angkatan 2021 Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang

Rani Yolanda, Dedy Dwi Putra

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan library anxiety pada mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kecemasan pemustaka sebagai bagian dari aspek perilaku informasi mengenai perasaan yang dirasakan oleh seseorang ketika berada di perpustakaan. Perasaan tersebut berupa perasaan tidak nyaman, takut, dan pikiran negatif yang dirasakan oleh pemustaka ketika berada di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sejumlah 30 responden mahasiswa angkatan 2021. Pengolahan data yang dilakukan berdasarkan hasil pengambilan data melalui kuesioner dengan menggunakan SPSS. Kecemasan yang dialami oleh mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi UIN Malang mencakup berbagai hambatan seperti diantaranya hambatan dengan sumber informasi, hambatan dengan komputer dan internet, hambatan dengan perpustakaan, hambatan dalam mencari informasi, hambatan dengan teknis, dan hambatan dengan identifikasi informasi.

Kata Kunci: kecemasan pemustaka, kecemasan pemustaka mahasiswa, perilaku informasi


References


Alwi, Idrus. 2015. “Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(2):140–48. doi: 10.30998/formatif.v2i2.95.

Anwar, Mumtaz A., Charlene L. Al-Qallaf, Noriah M. Al-Kandari, and Husain A. Al-Ansari. 2012. “AQAK: A Library Anxiety Scale for Undergraduate Students.” Http://Dx.Doi.Org/10.1177/0961000611425568 44(1):36–46. doi: 10.1177/0961000611425568.

Erfanmanesh, Mohammadamin, A. Abrizah, and Noor Harun Abdul Karim. 2012. “Development and Validation of the Information Seeking Anxiety Scale.” Malaysian Journal of Library and Information Science 17(1):21–39.

Fernandes, Hocelayne Paulino. 2014. “Instrumen Kuantitatif.” (140551807592):139.

Hartini, Endri Atna Retno, and Yuli Rohmiyati. 2017. “Pengaruh Library Anxiety Terhadap Pemanfaatan Jurnal Elektronik (Ejournals Subscribed) Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Universitas Diponegoro.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(3):491–500.

Kampen. 2004. “Development and Validation of The Multidimensional Library Anxiety Scale.” Zeitschrift Für Anorganische Chemie 61(1):54–90. doi: 10.1002/zaac.19090610106.

Mustori, Mohamad. 2012. Pengantar Metode Penelitian.

Naveed, Muhammad Asif. 2016. “Exploring Information Seeking Anxiety among Research Students in Pakistan.” Libri 66(1):73–82. doi: 10.1515/libri-2015-0047.

Ningsih, Henny Setia. 2012. “Kebutuhan Informasi Dan Pemenuhan Kebutuhan Akan Informasi: Studi Kasus Remaja Kota.” 83.

Pratiwi, Cyntia Eka, and Jumino Jumino. 2017. “Kecemasan Pemustaka Di Kalangan Pemustaka Upt Perpustakaan Universitas Diponegoro.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 6(4):231–40.

RI, MENTERI KESEHATAN. 2019. “Library Anxiety.” Αγαη 8(5):55.

Sugiyono. 2000. “Metode Penelitian Administrasi.”

Sugiyono. 2015. “Metode_Penelitian_Pendidikan_Sugiyono_20.Pdf.”

Umrati, and Hengki. Wijaya. 2020. “Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan.” Sekolah Tinggi Teologia Jaffray (August):8–10.

Zulaikha, Sri Rohyanti, Agus Dwiyanto, and Tri Septiyantbno. 2015. “Evaluasi Pemanfaatan Koleksi dengan Menggunakan Analisis Sistasi (Studi Analisis Sitasi Skripsi Mahasiswa Di Perpustakaan Pusat IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).” Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 1(1):28. doi: 10.22146/bip.8356.




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v5i2.30023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

Perpustakaan Dan Sains Informasi Departement

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Jalan Gajayana 50 Malang Jawa Timur, Indonesia