IMPLEMENTASI KEGIATAN BELAJAR OUTDOOR MELALUI SENTRA BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK

Siti Paridah, Dyah Ageng Pramesty Koenarso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak yang meliputi kemampuan anak dalam mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang dijumpai di alam maupun lingkungannya serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tiga proses pengumpulan data berupa proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan data dalam bentuk pengkodean (coding). Adapun tahapan pengumpulan data adalah pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak kelompok A sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak meliputi media, metode, materi dan evaluasi dalam kegiatan bermain di sentra bahan alam. Faktor pendukung pembelajaran sentra bahan adalah guru yang berperan sebagai demonstran mampu memahami materi pembelajaran untuk diterapkan kepada anak, peserta didik yang dikelompokkan berdasarkan tahapan usia dan keaktifannya, dan banyaknya jumlah media bahan alam yang dimiliki. Faktor penghambat dalam kegiatan sentra bahan alam adalah jika guru sentra bahan alam berhalangan hadir, bermain sentra bahan alam memelukan waktu yang panjang untuk melaksanakannya, anak-anak berebut memilih ragam main yang dimainkan dan jika hujan turun maka bermain bahan alam akan dilaksanakan di dalam ruangan.


Keywords


Implementasi, Outdoor, Sentra Bahan Alam, Kecerdasan Naturalis.

Full Text:

PDF

References


Achkovska-Leshkovska, E., & Spaseva, M. (2016). John Dewey’s educational theory and educational implications of Howard Gardner’s multiple intelligences theory. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 4(2), 57–66. https://doi.org/10.5937/IJCRSEE1602057A

Amstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in The Classroom, USA: Alexandria.

Annisa, S. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul.

Arriyani, N. (2010). Panduan Pendidikan Sentra untuk PAUD: Sentra Main Peran, Jakarta: Pustaka Al-Falah.

Asmawati, L. et.al. (2014). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Gardner, H. (2017). Taking a multiple intelligences (MI) perspective. Behavioral and Brain Sciences, 40, e203. https://doi.org/10.1017/S0140525X16001631

Idris, H. & Meity. (2015) Stategi Pembelajaran yang Menyenangkan, Jakarta: Luxima

Lestaningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini, Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Mariyana, R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar, Jakarta: Kencana.

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (3rd ed.). Rineka Cipta.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 60–76. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Soendardi, R. & Wismiarti. (2014). Sentra Bahan Alam, Jakarta: Pustka Al-Falah, 2014.

Sujiono, Y.N. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03

UU20-2003 Sisdiknas.pdf. (n.d.). Retrieved October 7, 2020, from http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.10381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool