PENDAMPINGAN ORANGTUA TERHADAP BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Sudarajat Sudrajat, Sun Agustine Prolawati Dwipoyono, Rubini Rubini, Toriqul Chaer

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendampingan dan permasalahan yang dihadapi orang tua terkait pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis orang tua sebagai subjek penelitian. Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian adalah 55 orang tua siswa kelas 3 SDIT Luqman al-Hakim 2 Yogyakarta. Analisis data menggunakan model interaktif dengan antisipasi dalam pengumpulan data, yang kemudian direduksi, disajikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pendampingan belajar orang tua selama pandemi Covid-19 meliputi kemampuan orang tua dalam menyampaikan situasi Covid-19, kemampuan orang tua mendengarkan, kemampuan menerima perasaan/keluhan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kendala yang dihadapi orang tua antara lain (1) aspek penyediaan fasilitas belajar, (2) pengawasan waktu belajar, (3) pengawasan dalam belajar, (4) pendampingan kesulitan belajar dan (5) pendampingan dalam mengatasi kesulitan belajar.


Keywords


Pendampingan; Orang tua; Pandemi

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, Andri. 2020. ‘Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10 (3): 282–89. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Baharin, R., and R Halal. 2020. ‘Impact of Human Resource Investment on Labor Productivity in Indonesia’. Iranian Journal of Management Studies 13 (1): 139.

Cahyati, Nika, and Rita Kusumah. 2020. ‘Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19’. Jurnal Golden Age 4 (01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2 (2): 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Hamka, Hamka. 2015. ‘Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu’. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 12 (June): 95. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.383.95-119.

Herliandry, Luh Devi, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’ 22 (1): 6.

Holmes, Emily A. 2020. ‘Multidisciplinary Research Priorities for the COVID-19 Pandemic: A Call for Action for Mental Health Science’ 7: 14.

Jasmi, Osnely. 2020. ‘Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Menulis Hand Out Melalui In House Training Di Masa Pandemi’ 7 (2): 11.

Kang, JH., CW Kim, and S.Y. Lee. n.d. ‘Nurse-Patient Adverse Events Depend on Nursing Workload’. Osong Public Health Res Perspect 7 (1): 56–62.

Kharizmi, Muhammad. 2015. ‘Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi’ 2 (2): 11.

Maharani, Anindya Ayu, and Novita Devi Kristianti. 2020. ‘Peran Pendampingan Belajar Terhadap Siswa Dalam School For Home Di Era New Normal’, 18.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti, Choi Chi Hyun, and Ratna Setyowati Putri. 2020. ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar’, 12.

Rahman, Sari Rahayu. 2020. ‘Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19’ 02 (02): 9.

Rijali, Ahmad. 2019. ‘Analisis Data Kualitatif’. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (January): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rosyanti, Lilin, and Indriono Hadi. 2020. ‘Hijp : Health Information Jurnal Penelitian’ 12: 24.

Sari, Ria Puspita, and Nabila Bunnanditya Tusyantari. 2021. ‘Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19’ 2: 7.

Sidiq, Dr Umar, M Ag, and Dr Moh Miftachul Choiri. 2019. ‘Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan’, 228.

Sulistyowati, Titis. 2019. ‘Bottom-Up And Top-Down Listening Processes Within Cognitive Constructivist Learning Theory’. Prominent 2 (1). https://doi.org/10.24176/pro.v2i1.2962.

Suprihatin, Ayi, Tiara Asty Ananda, Nila Mahsa Wilona Damayanti, Ghina Alfiyah, Marlia Farah Nurulita, and Ridwan Arifin. 2020. ‘Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Di Desa Kebulusan, Kabupaten Kebumen’, 6.

Syah, Rizqon H. 2020. ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7 (5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Tahmidaten, Lilik, and Wawan Krismanto. 2020. ‘Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya)’. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10 (1): 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Ulfa, Zuly Daima, and Ujen Zenal Mikdar. 2020. ‘Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya’ 5: 15.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v3i1.14972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool