TANTANGAN DAN INOVASI PELAKSANAAN MODEL SEKOLAH RAMAH ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19

Isna Nurul Inayati

Abstract


Sekolah Ramah Anak (SRA) merupakan model manajemen pendidikan yang muncul akibat maraknya tindak kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Model manajemen pendidikan ini diharapkan dapat membantu mendorong dan mendorong langkah-langkah positif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang ramah anak. Sejak awal tahun 2016, hampir seluruh sekolah di Indonesia berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan SRA. Namun, di awal tahun 2020 merebaknya Covid-19 di seluruh dunia menjadi tantangan bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam menyukseskan SRA ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah ini telah berhasil mendukung digitalisasi di segala bidang kehidupan, termasuk pendidikan tentunya. Untuk mengkaji lebih jauh tantangan dan inovasi dalam penerapan SRA pada jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Malang, maka perlu dilakukan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan guru di Kabupaten Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya inovasi yang dilakukan guru MI di Kabupaten Malang dalam menerapkan model SRA di masa pandemi Covid-19. Inovasi pembelajaran yang dilakukan melibatkan aspek pemilihan materi, strategi dan penilaian pembelajaran yang tetap mengutamakan hak-hak anak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dalam menerapkan SRA di masa darurat seperti saat ini.

Keywords


tangan; Sekolah Ramah Anak; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Inayati, I. (2017). Kepemimpinan Pendidikan dalam Al-Qur’an. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 24-38. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/81

Inayati, I. N. (2016). Analisis Faktor Kecerdasan Mahapeserta didik PGMI STAI Raden Rahmat Ditinjau Dari Teori Multiple Intelligence. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 83-93. Retrieved from http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/10

Inayati, I., & Trianingsih, R. (2019). Relevansi Pendekatan Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd/Mi Dengan Konsep Madrasah/Sekolah Ramah Anak. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 139-153. doi:10.29062/tarbiyatuna.v3i2.26

John W. Cresswell, Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015). 135

Kristanto dkk. (2011). Identifikasi Model SRA (Sekolah Ramah Anak) di Jenjang Satuan PAUD SeKecamatan Semarang Selatan, (Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1), hal.38

Matthew B. Miles and Johnny Huberman, A. Michael Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition (USA: Sage Publications, 2014).

Muntari, W. (2014). Manajemen Kepeserta didikan Model Sekolah Ramah Anakdi SD Pangudi Luhur Servatius Gunung Brintik, (Prosiding Seminar Nasinal Evaluasi Pendidikan, ISBN 978-602-14215-5-0), hal. 483

Ni’am, A. (2016). Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak, Jakarta: Erlangga

Risminawati & Siti Nur Rofi’ah. (2015). Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam pembentukan karakter Peserta didik kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kotta Barat Tahun Pelajaran 2013/2014 , (Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1, Juli 2015 ISSN 2406-8012) hal. 68 – 76

Sugiyono. (2016). Metode Penelitan Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: CV. Alfabeta). 309




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v3i1.14973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool