ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Pristia Sabrina, Muniroh Munawar, Nila Kusumaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan motivasi belajar melalui metode pembelajaran eksperimen di Kelompok TK B Pusat Unggulan PAUD Taman Belia Candi Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar anak didik melalui metode pembelajaran eksperimen berhasil berkembang sangat baik. Hal tersebut terlihat bahwa anak didik memiliki minat, semangat dan antusias dalam proses kegiatan pembelajaran sehingga anak didik dapat tekun, ulet, rasa ingin tahu, mandiri, teguh pendirian serta dapat memecahkan masalah yang sedang ia hadapi. Dalam menumbuhkan, mengembangkan, mengefektifkan dan menstimulasi motivasi belajar, guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Penggunaan metode pembelajaran eksperimen memberikan pengalaman praktis yang membekas dan mendalam sehingga motivasi belajar anak didik dapat optimal dan tercapainya tujuan pembelajaran.


Keywords


Motivasi Belajar; Metode Pembelajaran Eksperimen; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & Rineka Cipta.

Haerani, D., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Peserta.

Kurnia, S. D., Piaud, P., Tarbiyah, F., & Bone, I. (n.d.). Urgensi Pembelajaran Sains Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini.

Ma’viyah, A. (N.D.). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood) (Vol. 3).

Mering, A. (n.d.). Analisis Motivasi Belajar Anak Kelompok B Di Tk Umum Dengan Tk Islam Se-Kecamatan Pontianak Kota.

Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Nafiqoh, H. (2018). Pembelajaran Sains Sederhana Dalam Rangka Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di Paud Tunas Siliwangi Cimah Tengah. 4(2), 2581–0413.

Santoso, S., Sugiri, W., Amelia, R., & Priatmoko, S. (2021, October 20). Teachers Barriers to Promote Distance Learning in The Era Pandemic Coronavirus Disease (Covid-19). https://doi.org/10.4108/eai.17-7-2021.2312019

Sintya, A., & Putri, I. (2021). Kemampuan Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 23–31. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v4i1.16300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool