IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS (STEAM) DI TK KOTA MALANG

Melly Elvira, Elok Firdaus Aprilia, Syamsir Sainuddin

Abstract


Pembelajaran di Indonesia saat ini merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan antara, sikap, keterampilan, kecakapan pengetahuan, serta pemahaman terhadap ilmu teknologi, informasi dan komunikasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan antara sikap, keterampilan, kecakapan serta pemahaman terhadap ilmu teknologi informasi dan komunikasi adalah pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Melalui pola pembelajaran STEAM yang mulai di terapkan pada anak usia dini, harapannya dapat imajinasi dan proses pengetahuan anak menjadi lebih kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran STEAM yang diterapkan oleh lembaga PAUD kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menjadi sumber utama instrumen penelitian dengan menggabungkan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 5 lembaga yang diberi tugas oleh Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menerapkan pembelajaran STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran STEAM di 5 sekolah ini mengacu pada konsep yang sama, namun memiliki perbedaan dalam menerapkannya pembelajarannya

Keywords


Pembelajaran STEAM; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Alghamdi, A. A. (2022). Exploring Early Childhood Teachers’ Beliefs About STEAM Education in Saudi Arabia. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01303-0

Amelia, W., & Marini, A. (2022). Urgensi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8 No.(1), 291–298.

Broo, D. G., Kaynak, O., & Sait, S. M. (2022). Rethinking engineering education at the age of industry 5.0. Journal of Industrial Information Integration, 25, 100311. https://doi.org/10.1016/J.JII.2021.100311

Cabello, V. M., Martínez, M. L., Armijo, S., & Maldonado, L. (2021). Promoting STEAM learning in the early years: “Pequeños Científicos” Program. Lumat, 9(2), 33–62. https://doi.org/10.31129/LUMAT.9.2.1489

Chapman, S. N., Barton, G., & Garvis, S. (2021). To STEAM or Not to STEAM: Investigating Arts Immersion to Support Children’s Learning. In C. Cohrssen & S. Garvis (Eds.), Embedding STEAM in Early Childhood Education and Care. Palgrave Macmillan. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-65624-9_8

Clements, D. H., & Sarama, J. (2021). STEM or STEAM or STREAM? Integrated or Interdisciplinary? In C. Cohrssen & S. Garvis (Eds.), Embedding STEAM in Early Childhood Education and Care. Palgrave Macmillan, Cham. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-65624-9_13

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Elvira, M., & Sainuddin, S. (2020). Uji Model Instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS) Pada Pendidikan Prasekolah. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 95–104. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9091

Farwati, R. (2021). STEM education dukung merdeka belajar (dilengkapi dengan contoh perangkat pembelajaran berbasis STEM). CV. DOTPLUS Publisher.

Hawari, A. D. M., & Noor, A. I. M. (2020). Project Based Learning Pedagogical Design in STEAM Art Education. Asian Journal of University Education, 16(3), 102–111. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i3.11072

Hidayati, S. (2021). Strategi pembelajaran anak usia dini. CV. Kanaka Media.

Horng, J. S., Hong, J. C., Chanlin, L. J., Chang, S. H., & Chu, H. C. (2005). Creative teachers and creative teaching strategies. International Journal of Consumer Studies, 29(4), 352–358.

Kusumawati, I. B., & Fachrudin, A. D. (2019). Analisis Sikap dan Keyakinan Calon Guru di Indonesia terhadap Pemanfaatan Sejarah Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(1), 36. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n1.p36-43

Li, J., Luo, H., Zhao, L., Zhu, M., Ma, L., & Liao, X. (2022). Promoting STEAM Education in Primary School through Cooperative Teaching: A Design-Based Research Study. Sustainability (Switzerland), 14(16). https://doi.org/10.3390/su141610333

Lloyd, S. H. (2016). Preschool Teacher Attitudes and Beliefs toward Science Questionnaire. Walden University.

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation of STEAM (Science Technologi Engineering Art Matematics)-Based Early Childhood Education Learning in Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Nuraeni. (2014). Stretegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143–153. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1069/890

Nurjanah, I., Latifah, D., Alifah, N., & Asyiah, A. (2022). Freedom Learning on Early Childhood Education : Implementation of STEAM Method with Loose Parts Media. 7(June), 99–108.

Sawangmek, S. (2019). Trends and Issues on STEM and STEAM Education in Early Childhood. Képzés És Gyakorlat, 17(2019/3-4), 97–106. https://doi.org/10.17165/tp.2019.3-4.8

Taljaard, J. (2016). A Review of Multi - Sensory Technologies in a Science , Technology , Engineering , Arts and Mathematics ( STEAM ) Classroom Defining learning styles Background on Multi-Sensory Instruction. Journal of Learning Design, 9(2), 46–55.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v4i1.18007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool