Profil Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini: Mengajar Secara Kreatif atau Mengajar untuk Kreativitas
Abstract
Mengajar secara kreatif dan mengajar untuk kreativitas adalah dua hal penting dalam mengimplementasikan konsep kreativitas mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru lebih cenderung mengajar secara kreatif atau mengajar untuk kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Adapun subjek pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) di Kecamatan Klojen, Kota Malang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar di lingkup organisasi Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Malang dan tiga lembaga lainnya yaitu BA Brawijaya Yasri, RA Al Asfiya dan KB/BA Restu 2 Kota Malang. Dari 120 angket yang tersebar, terdapat 76 angket yang terisi dan dikembalikan kepada peneliti. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan statistik non parametris, Uji Wilcoxon. Temuan dalam penelitian menunjukan bahwa guru lebih cenderung mengajar secara kreatif dibanding mengajar untuk kreativitas. Temuan ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar, khususnya dalam praktik mengajar untuk kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Dababneh, K. A., Al-Zboon, E. K., & Ahmad, J. (2019). The creative environment: Teachers’ perceptions, self-efficacy, and teaching experience for fostering children’s creativity. Early Child Development and Care, 189(10), 1620–1637. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1400969
Beghetto, R. A. (2017). Creativity in Teaching. Dalam J. C. Kaufman, J. Baer, & V. P. Glăveanu (Ed.), The Cambridge Handbook of Creativity across Domains (hlm. 549–564). Cambridge University Press; Cambridge Core. https://doi.org/10.1017/9781316274385.030
Beghetto, R. A., & Kaufman, J. C. (2014). Classroom contexts for creativity. High Ability Studies, 25(1), 53–69. https://doi.org/10.1080/13598139.2014.905247
Cheung, R. H. P. (2012). Teaching for creativity: Examining the beliefs of early childhood teachers and their influence on teaching practices. Australasian Journal of Early Childhood, 37(3), 43–52. https://doi.org/10.1177/183693911203700307
Cremin, T. (2015). Creative teachers and creative teaching. Creativity in Primary Education.
Dababneh, K., Ihmeideh, F. M., & Al‐Omari, A. A. (2010). Promoting kindergarten children’s creativity in the classroom environment in Jordan. Early Child Development and Care, 180(9), 1165–1184. https://doi.org/10.1080/03004430902872950
Fan, M., & Cai, W. (2022). How does a creative learning environment foster student creativity? An examination on multiple explanatory mechanisms. Current Psychology, 41(7), 4667–4676. https://doi.org/10.1007/s12144-020-00974-z
Jeffrey *, B., & Craft, A. (2004). Teaching creatively and teaching for creativity: Distinctions and relationships. Educational Studies, 30(1), 77–87. https://doi.org/10.1080/0305569032000159750
Kettler, T., Lamb, K. N., Willerson, A., & Mullet, D. R. (2018). Teachers’ Perceptions of Creativity in the Classroom. Creativity Research Journal, 30(2), 164–171. https://doi.org/10.1080/10400419.2018.1446503
Mullet, D. R., Willerson, A., N. Lamb, K., & Kettler, T. (2016). Examining teacher perceptions of creativity: A systematic review of the literature. Thinking Skills and Creativity, 21, 9–30. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.05.001
Munandar, U. (2004). Pengembangan kreativitas anak berbakat (2 ed.). Rineka Cipta.
NACCCE. (1999). All Our Futures: Creativity, Culture and Education. National Advisory Committee on Creative and Cultural Education. https://sirkenrobinson.com/pdf/allourfutures.pdf
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). file:///D:/01%20Proposal/Teaching%20Creatively/8108-16281-3-PB.pdf
Saebø, A. B., McCammon, L. A., & O’Farrell, L. (2007). Creative Teaching—Teaching Creativity. Caribbean Quarterly, 53(1–2), 205–215. https://doi.org/10.1080/00086495.2007.11672318
Saracho, O. (2012). Creativity theories and related teachers’ beliefs. Early Child Development and Care, 182(1), 35–44. https://doi.org/10.1080/03004430.2010.535899
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1). https://media.neliti.com/media/publications/334633-menciptakan-pembelajaran-yang-efektif-da-06bf8967.pdf
Stenberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif (lV). Pustaka Pelajar.
Ucus, S., & Acar, I. H. (2019). Exploring the perceptions of student teachers about ‘creative school’ in early childhood education. Early Child Development and Care, 189(2), 191–206. https://doi.org/10.1080/03004430.2017.1307838
DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i1.19462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool