HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MENGENAL POLA ABCD-ABCD DENGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI (Penelitian di Kelompok B1 RA Persis 3 Cikutra Bandung)

Salma Zahra Fauziyah, Teti Ratnasih, Zaenal Muftie Zaenal Muftie

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara aktivitas mengenal pola abcd-abcd dan kecerdasan logika matematika, terlihat bahwa anak masih perlu dibimbing dalam mengenali, menyusun, mengulangi pola, dan memperkirakan pola selanjutnya, serta dalam memecahkan masalah, juga menyelesaikan tugas yang diberikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas mengenal pola abcd-abcd, (2) Kecerdasan logika matematika anak usia dini; dan (3) Hubungan antara aktivitas mengenal pola abcd-abcd dengan kecerdasan logika matematika di Kelompok B1 RA Persis 3 Cikutra Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, dengan subjek penelitian sebanyak 13 anak yang terdiri dari 10 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari aktivitas mengenal pola abcd-abcd memperoleh nilai rata-rata 77 dengan interpretasi baik dan hasil kecerdasan logika matematika memperoleh nilai rata-rata 74,3 dengan interpretasi baik pula. Adapun hubungan antara aktivitas mengenal pola abcd-abcd dengan kecerdasan logika matematika anak usia dini memperoleh angka korelasi sebesar 0,75 yang memiliki tingkat hubungan kuat. Selanjutnya hasil dari koefisien determinasi, memperoleh sebesar 56% kontribusi yang diberikan kepada kecerdasan logika matematika dalam aktivitas mengenal pola abcd-abcd.

Keywords


Aktivitas Mengenal Pola ABCD-ABCD; Kecerdasan Logika Matematika; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan). CV. Widya Puspita.

Ariyana, I. K. S. (2020). Pembelajaran Konsep Pola Untuk Anak Usia Dini Dalam Kaitannya Dengan Problem Solving. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 22–32.

Fatonah, S. (2010). Tahapan & Sistematika Usulan Penelitian. UNS Press.

Fauzi, I., & Srikantono. (2013). Kurikulum Dan Bahan Ajar PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). SUPERIOR “Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial.”

Fitria, N. N. (2021). Hubungan kemampuan mengenal bentuk Geometri melalui media balok kayu dengan kemampuan motorik halus anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA Al Varih Bekasi [Skripsi]. UIN Sunan Gunung Djati.

Fitrianingtyas, A. (2021). Buku Ajar Modul Prodi PG PAUD Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Hasbi, M., Fardana, N. A., Budiyanti, H., Koesoemawardani, L., Nurani, Y., Mangunwibawa, A. A., & Novrani, A. (2022). Membangun Dasar STEAM Melalui Kegiatan Main. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Hasbi, M., & Rakhmawati, E. T. (2020). Bermain Matematika Yang Menyenangkan Dengan Anak Di Rumah. DIREKTORAT PAUD KEMDIKBUD.

Hasbi, M., Si, S. M., Penyusun, T., Wahyuningsih, S., Pd, M., Suswantoro, E., Ds, M., Subagia, A., Pd, S., Teknis, N. S., & Nugraha, A. (t.t.). Bahan Ajar Untuk Guru Cerdas Bermain Matematika Bagi Anak Usia 5-6 tahun.

Hayati, T. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. CV. Insan Mandiri.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (Ismail Ilyas, Ed.; I). Gunadarma Ilmu.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

KW, L. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini (Seri Bacaan Orang Tua). Kementrian Pendidikan Nasional.

Malik, A., & Chusni, M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Deepublish.

Mesiono. (2017). Manajemen Pendidikan Raudhatul Athfal (RA); Pengantar Teori dan Praktik. Perdana Publishing.

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B Di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 62–71.

Musfiroh, T. (t.t.). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka.

Nida, A. N. (2020). Hubungan Antara Kegiatan Bermain Benda-Benda Konkret Dengan Kemampuan Membilang Anak Usia Dini: Penelitian Korelasional Di Kelompok A RA Al-Hamidah Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Nurani, Y. (2020). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT. Indeks.

Pratiwi, M. I. (2017). Studi Kemampuan Mengenal Pola Abcd-Abcd Pada Anak Kelompok B Di TK Se-Gugus 3 Kecamatan Kasihan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 56–64.

Rahayu, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Tentang Konsep Warna, Bentuk, Ukuran Melalui Permainan Pola Di TK Pertiwi Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Rahayu, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Tentang Konsep Warna, Bentuk, Ukuran Melalui Permainan Pola Di TK Pertiwi Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Widyasari Press.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian (Syahrani, Ed.). Antasari Press.

Rukminingsih, Adnan, G., & Adnan Latief, M. (2020). Metode Penelitian Pendidikan : Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama. www.erhakautama.com

Rusdi, I. (2019). Pengenalan Benda di Sekitar Kita (Integrasi konsep Matematika bagi Anak Taman Kanak-kanak). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sari, N. S., & Syafi’i, I. (2021). Pengembangan Kemampuan Mengenal Warna Anak Usia Dini Melalui Media Water Beads. Yaa Bunayya, 28–33.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. (Literasi Media Publishing.

Sudjiono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Supena, A., Jaya, I., & Paramita, D. (2018). Prosedur Operasai Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Penilaian Dan Laporan Perkembangan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Supinah. (2012). P4TK Matematika. KEMENDIKBUD. www.P4tkmatematika.Org

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Rosdakarya.

Syaodih, E., Setiasih, O., Romadon, N. F., & Handayani, H. (2018).

Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 29–36.

Tim GTK DIKDAS. (2021). Modul Belajar Mandiri P3K TK 2021. Https://Cdn-Gbelajar.Simpkb.Id/S3/P3k/Tkpaud/Modul%20bahan%20belajar_P3k-Tk_2021.Pdf

Tim Penyusun. (2014). Peraturan Mentreri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wahyuningsih, S., Suswantoro, E., & Subagia, A. (2016). Model Pengenalan Matematika Melalui Permainan Kreatif Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. PP PAUD dan DIKMAS JAWA BARAT.

Yanti, D. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Kegiatan Fun Cooking (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B2 Di TK Negeri Pembina Pandeglang). JPPPAUD Fkip Untirta, 7–18.

Yus, A. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini (4 ed.). Kencana.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4 ed.). Kencana.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i1.27239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool