PERMAINAN LEGO: UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS AUD

Anggil Viyantini Kuswanto, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Erfha Nurrahmawati, Neni Mulya, Kanada Komariyah

Abstract


Kreativitas bagian penting yang harus di kembangkan dalam perkembangan anak usia dini, karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini, apabila kreativitas anak tidak dikembangkan sejak dini maka kemampuan kecerdasan dan kelancaran berpikir tidak berkembang Karena untuk menciptakan sesuatu produk dan bakat kreativitas yang tinggi diperlukan berdasarkan yang cukup tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kreativitas anak melalui permainan lego. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan  pendekatan kualitatif, dengan subjek yaitu pendidik dan 14 peserta didik adapun objek penelitian yang peneliti gunakan yaitu upaya dalam mengembangkan Kreativitas anak melalui permainan lego. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya permainan lego dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini. Upaya dalam mengembangkan kreativitas melalui permainan lego yaitu penyediaan sarana permainan lego yang banyak, memberi kesempatan pada anak untuk menjalin komunikasi dan hubungan sosial dengan temannya, memberikan   inovasi-inovasi kegunaan dan membentuk lego dengan bentuk-bentuk yang bervariasi, memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk berkreasi, Mendukung anak mengingat kembali dan saling  menceritakan pengalaman mainnya

Keywords


permainan Lego; Perkembangan kreatifitas AUD; upaya pendidik

Full Text:

PDF

References


Akhyun. “Analisis Manfaat Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Berbasis Konsep Pribadi, Proses, Pendorong, Produk (4P) Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Cikal Cendekia, vol. 02, no. 01, 2021, pp. 1–10, file:///C:/Users/User/Downloads/admin,+Akhyun+1-10.pdf.

Anggraini, Putri Dewi, and Siti Sri Wulandari. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 9, no. 2, 2020, pp. 292–99,

doi:10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Awan, Very, and Masliyah Hasibuan. “Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 9, no. 2, 2020, pp. 62–70, doi:10.26877/paudia.v9i2.6736.

Dasopang, Husna Bulkis, et al. “Faktor Keseimbangan Statis Tubuh , Kecepatan Dan Kelincahan Gerak Pada Anak Sekolah Dasar Usia 6 Sampai 9 Tahun Dengan Flatfoot.” Jsk, vol. 4, 2018, pp. 58–64.

Fadillah, Siti, et al. “Pengaruh Kekerasan Verbal Dan Pola Asuh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pelita PAUD, vol. 6, no. 2, 2022, pp. 321–27, doi:10.33222/pelitapaud.v6i2.1984.

Farida, Nur, and Pamungkas Stiya Mulyani. “Studi Analisis Kesiapan Penguatan Relevansi Lembaga PAUD Sebagai Fase Pondasi Kurikulum Merdeka.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 12, no. 1, 2023, pp. 89–102, doi:10.26877/paudia.v12i1.15091.

Kartini, Kartini, and Indria Susilawati. “Pengaruh Media Pembelajaran Lego Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.” DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, 2018, pp. 33–43, doi:10.31932/jpaud.v1i2.386.

Latif Mukhtar dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. 1st ed., kencana prenada media group, 2016.

Lestari, Asih Setya Tri, et al. “ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MEMBUAT KARYA DEKORATIF.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, vol. 09, no. 02, 2023, pp. 4234–46.

Luly, Julia, et al. “Deskripsi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Bermain Lego Di TK Kartini.” Student Jurnal Of Early Childhood Education (SJECE), vol. 3, no. 1, 2023, pp. 9–16, https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJECE/article/view/1097/551.

Montolalu. Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, 2005.

Musman, Asti. Seni Mendidik Anak Di Era 4.0 (Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Dalam Mendidik Anak Di Era Milenial; Mewujudkan Anak Cerdas, Mandiri, Dan Bermental Kuat). 2020, https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=p3D0DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT8&dq=,+guru+juga+punya+trik+sendiri+dalam+mengembangkan+kemandirian+pada+anak+dengan+memberikan+pujian+dan+tidak+mengatakan+salah+dengan+kata+lain+guru+membiarkan+anak+untuk+berimajina.

Sabri, Indar, and Setyo Yanuartuti. Teori Kreatifitas Dan Pendidikan Kreativitas. Lakeisha, 2019.

Sartika, and Erni Munastiwi. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, 2019, pp. 35–50, doi:10.14421/jga.2019.42-04.

Sujiono, yuliani nurani. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Cet ke VII, PT Indeks Permata Puri Media, 2013.

Susanto, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Kencana, 2018.

Syawalia, Ghina Fairuz Fakhirah, et al. “Studi Literatur: Media Pembelajaran Yang Digunakan Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun.” PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 11, no. 2, 2022, pp. 510–21, doi:10.26877/paudia.v11i2.11919.

Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Vera Agustina , Fitriah Hayati, dan Fitriani. “ANALISIS KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAKKELOMPOK B5 DI TK POTEUMEUREUHOM BANDA ACEH.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa, vol. 3, no. 2, 2022.

Widya, Masitah, and Fadilatul ’Aini Aini Lubis. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pendemi.” Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 6–21, https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/340.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i1.27245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool