Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Kemampuan Bahasa merupakan faktor penting untuk kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Karena bahasa merupakan sarana komunikasi dalam mengutarakan pemikiran dalam diri seseorang baik diucapkan secara lisan ataupun tulisan. Dalam kemampuan berbahasa terdapat empat segi keterampilan, yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing)”. Dari keempat keterampilan bahasa diatas, keterampilan menyimak masih tergolong rendah hal tersebut disebabkan oleh media pembelajaran yang menjadi pendukung. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan menyimak perlunya perhatian dalam memberikan stimulus. Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berbentuk video pembelajaran berbasis aplikasi canva yang digunakan dalam membantu meningkatkan kemampuan menyimak anak. Penelitian ini menggunakan jenis data berupa R&D dengan model ADDIE. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan penggunaan video animasi berbasi canva untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak dapat berjalan dengan kualifikasi yang sangat baik dan hal tersebut didasarkan oleh hasil penilaian oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi, ahli Bahasa dan anak usia 4-5 tahun. Selain itu media video animasi tersebut dapat digunakan sebagai media belajar yang lebih variatif sehingga dapat mengubah proses pembelajaran menjadi lebih memotivasi, menarik dan memberikan pengalaman belajar yang baru untuk anak.
Keywords
References
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986
Adini, A. L. (2016). Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V Kecamatan Berbah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Paud, 5(6), 5–6.
Agustiningsih. (2015) Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Goggia. 4(10,(58).
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172.
https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.172-180
Apriansyah, Muhammad Ridwan dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta . Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil).9(1),(18).
Azizah, e. N. (2016). Pengaruh Video Cerita Ipin Dan Upin Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok A Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. 2(1), 1–15.
Adini, A. L. (2016). Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Kelompok A Gugus V Kecamatan Berbah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Paud, 5(6), 5–6.
Basori. (2019). Pengaruh video cerita anak terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kecamatan Marpoyan damai kota Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial, 16(2), 294–316. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/6517/5875
Dhieni, Nurbiana dkk 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.
Guntur, S. A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Story Telling Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembina Negeri 1 Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. 21(1), 1–9.
http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Hardianti & Asri, wahyu Kurniati. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. 1(2), (130).
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini Eka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198
Junus, Muhammad dan Fatimah. 2011. Keterampilan Berbahasa Tulis. Makassar:UNM Makassar
Johari, Andriana dkk. (2014) Penerapan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. IV (1),(28).
Kasihani, Suyanto. K. E. (2008). English For Young Learners. Jakarta: Aksara.
Kebudayaan, K. P. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/Permen Kemendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.Pdf
Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 2, p. 9). https://media.neliti.com/media/publications/100164-ID-wawancara-sebuah-interaksi-komunikasi-da.pdf
Munar, A., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155–164. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Muhubiddin, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29.
Munir. (2015). Multimedia Konsep& Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/26259
Nurani, M. A. (2017). BOOK_Tritjahjo Danny_Asesmen Non-tes dalam Bimbingan dan Konseling_Bab 10.pdf (pp. 64–100).
Permanik, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Model Dialogic Reading. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(5), 75–84.
Purnamasari, N. L. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1530
Purwanto, Anim. (2021). Konsep Dasar Penelitian Kualitatif : Teori Dan Contoh Praktis. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian usability aplikasi canva. Andharupa, 07(01), 165–178. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/4292
Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(4), 107. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251
Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Gorontalo. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1).
Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, November, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/2071/1712
Rosmini. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Video Pembelajaran Pada Aplikasi Canva Dipadukan Dengan Metode Bermain Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Iv Antang Kecamatan Manggala Kota Makkasar. 3(2), 6.
Telaumbanua, F. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia 2 Medan. Jurnal Warta.
Sari, D. N. I. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tingkat Sd/Mi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983
Sudjana, N. (2009). Kamus besar ilmu pengetahuan dalam Sudjana. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung : Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini:Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Try Setiantono. (2012). Penggunaan metode bercerita bagi anak usia dini di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 20. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611
Ulfadhilah, Khairunnisa, dan Suyadi Suyadi. 2021. “Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf, Bahasa dalam Mengenal Angka, dan Abjad.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(1):67–77. doi: 10.31004/aulad.v4i1.93.
DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v6i1.30140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool