Pengembangan Modul Mata Kuliah Bermain dan Permainan Berbasis Hasil Praktikum Perkuliahan Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rikza Azharona Susanti

Abstract


Abstrak: Modul sebagai bahan ajar dapat digunakan secara mandiri karena sesuai dengan kecepatan masing-masing individu, penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PUAID) FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pengembangan modul ditujukan kepada Mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar mahasiswa dan pedoman pelaksanaan bermain dan permainan baik secara mandiri maupun berkelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui lima prosedur: 1. Penelitian dan pengumpulan data, 2) melakukan perancangan modul, dilanjutkan Validasi Ahli, 3) Mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji coba produk dan revisi, 5) penyempurnaan produk anhir. Adapun instrumen yang digunakan berupa kuesioner Ahli media dan ahli pembelajaran yang berisi tentang rancangan produk yang dikembangkan serta kuesioner responden terhadap mahasiswa terkait rancangan modul sekaligus kemenarikan modul bagi mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa saran para ahli validasi dan data kuantitatif dari instrumen yang ditujukan pada ahli validasi media serta ahli pembelajaran termasuk data kuantitatif dari angket respon mahasiswa. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif uji coba produk, diperoleh persentase rata-rata yaitu 93,33% bahwasannya modul yang dikembangkan menarik, mudah difahami dan cukup informatif materinya. Berdasarkan hasil pengembangan modul matakuliah bermain dan permainan berbasis hasil praktikum perkuliahan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik, mudah difahami dan materi yangn disampaikan informatif bagi mahasiswa. Disarankan hasil pengembangan modul yang ditujukan untuk mahasiswa PIAUD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat digunakan secara mandiri maupun berkelompok paa matakuliah Bermain dan Permainan di lembaga terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi perkuliahan tersebut. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Bermainan dan Permainan

Keywords


Pengembangan; Modul; Bermainan dan Permainan

Full Text:

PDF

References


___.2008. Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah dan Kejuruan. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional.

Ardhana, W. (2002). Konsep penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Borg, W.R & Gall, M.D. (1983). Educational Research and Introduction.

London: Longman.

Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek Pembangunan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Dirjendikti.

Hurlock, E.B. (1993). Perkembangan Anak. Jilid 1, Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Ismail, A. (2007). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Cetakan ke III. Jogjakarta: Pilar Media.

Mulyadi, S., (2004). Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta: Papas Sinar Sinanti.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Hidayat, R. (2014). Pengembangan Modul Matematika. FKIP UMP. (dalam http://repository.ump.ac.id/2727/2/ROHMAT%20HIDAYAT%20BAB%20I.pdf)

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, B. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tedjasaputra, M.S. (2007). Bermain, Main, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.7978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool