Profil Kemampuan Asertif Pada Usia Pra Sekolah

Sandy Tegariyani Putri Santoso, I Wayan Sutama

Abstract


Perilaku asertif merupakan salah satu keterampilan sosial dan emosional pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil perilaku asertif pada anak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif data diperoleh melalui observasi perilaku anak selama mengikuti kegiatan di sekolah, selain itu wawancara juga dilakukan kepada guru beserta orangtua untuk memperoleh data tentang perilaku asertif yang ditunjukkan oleh anak. Penelitian dilakukan pada anak yang berusia 3 sampai 6 tahun sejumlah enam puluh anak. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan kriteria subjek merupakan anak yang mengikuti pendidikan di lembaga PAUD dengan rentang usia 4-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan perilaku asertif yang ditunjukkan oleh anak meliputi kemampuan untuk mengekspresikan ide, keinginan, dan perasaannya, kemampuan untuk mempertahankan diri, kemampuan untuk tidak mudah terpengaruh, serta kemampuan untuk menerima masukan atau pendapat dari orang lain. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada setiap tahapan usia memiliki intensitas perilaku yang berbeda. Berdasarkan hasil temuan perlu digali lebih dalam mengenai factor-faktor yang mempengaruhi perilaku asertif pada anak usia dini.


Keywords


Perilaku Asertif; Sosial Emosional; Usia Pra Sekolah

Full Text:

PDF

References


___. (2016). Menteri Yohana: Terus Meningkat Kekerasan Pada Anak bak Fenomena GunungEs (online), (www.nasional.kompas.com/read/2016/02/14).

___. (2016). Mendikbud Nilai Kekerasan Seksual Pada Anak Muncul Karena Potensi

Masalah Dibiarkan (online),(www.nasional.kompas.com/read/2016/02/14).

Alberti, R. & Emmons, M. 2002. Your Perfect Right. Jakarta: PT Alex Media Computindo.

Hapsari, R.M. (2014). Sumbangan Perilaku Asertif terhadap Harga Diri Karyawan (online), (www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate)

Hurlock, E. (2007). Perkembangan Anak I. Jakarta: Erlangga

Jay, R. (2007). How to Manage Your Boss ( Bagaimana Menyikapi Bos Anda)Membangun Kerja yang Sempurna. Jakarta: Erlangga.

L’Abate, L. & Milan, M.A. (1985). Handbook of Social Skill Training and Research. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Ratus, S.A. & Nevid, J.S. (1983). Adjustment and Growth; The Chalenges of Life (2nd ed). New York: CBS Publishing.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1(2), 3.

Sujiono, N.Y. (2013). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool