Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak

Sri Widayati, Nurhenti Dorlina Simatupang

Abstract


Kegiatan penelitian action research ini bertujuan untuk meningkatkan anak dalam menyimak melalui kegitan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK di Jayanegara Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan refleksi persiklus. Berdasarkan oleh data diperoleh data aktivitas menyimak anak dalam mengikuti kegiatan bercerita (respon anak yang terwujud dalam sikap menyimak dan menjawab pertanyaan) pada siklus I sebesar 56,25% meningkat menjadi 81,25% pada siklus. Selain itu diperoleh bahwa  buku cerita sederhana,  seting tempat duduk,  cara guru bercerita dengan intonasi, mimik, dan gerak tubuh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari meningkatnya kemampuan anak dalam menyimak. Pemilihan buku cerita adalah salah satu faktor utama dalam hal menarik minat anak untuk menyimak. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana berdampak pada kemampuan anak menyimak.

 


Keywords


Kegiatan Bercerita; Menyimak Anak; Buku Cerita

Full Text:

PDF

References


Bachir, S.B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik, dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.

Frankel, J.R. & Wallen, N.E. (1990). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Publishing Company.

Ihtiar, C. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Pada Anak Kelompok A di TK PKK Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi 9 Tahun ke-4 2015: hal. 7-9.

Musfiroh, T. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Nurbiana, D., dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan

Universitas Terbuka

Parrott, K. (2017). Thinking Outside the Bin: Why Labeling Books by Reading Level Disempowers Young Readers. Retrieved from https://www.slj.com/?detailStory =thinking-outside-the-bin-why-labeling-books-by-reading-level-disempowers-young-readers

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Penerjemah: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

Wahyuni, T.E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Demangan Kota Madiun. Jurnal Children Advisory Reseach and Education.Vol 5 (2): hal. 9.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool