Menelisik Kurikulum PAUD: Kajian Fenomenologis Terhadap Kecenderungan Belajar Calistung Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan gejala-gejala yang nampak dalam pembelajaran calistung di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal I dan II Temanggung, meliputi penerapan Kurikulum 2013 PAUD, strategi pembelajaran calistung, konteks atau situasi yang mempengaruhi pembelajaran calistung, dan perbedaan fenomena pembelajaran calistung dikedua satuan PAUD tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data digunakan Trianggulasi metode, sumber dan waktu. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan kurikulum PAUD di TK ABA I dan II Temanggung, sudah mengacu pada Permendikbud No 146 th.2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Dalam operasionalnya berpedoman pada Permendikbud No.137 tentang Standar Nasional PAUD; 2) strategi pembelajaran calistung dikedua lembaga tersebut sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Pengembangan Anak (STPPA) dengan pendekatan bermain, tidak ada unsur paksaan, dan dilakukan secara berulang-ulang serta menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE); 3) konteks atau situasi yang mempengaruhi pembelajaran calistung adalah adanya tuntutan orang tua peserta didik yang menghendaki anaknya lancar calistung saat lulus TK; 4) ditemukan perbedaan phenomena pembelajaran calistung antara TI ABA I dan II Temanggung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permendikbud RI No.137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud RI No 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Surat Edaran No.1839C.C2/Tu/2009 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Dan Penerimaan Siswa Baru Sekolah Dasar.
Undang-Undang No. 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
______________. (2013). Metode Montessori: Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asiyah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 5 No 1.
Hasan, M. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.
Istiyani, D. (2013). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung)Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Vol. 10 No 1.
Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind.Pikiran Yang Mudah Menyerap. Terj. Dariyatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasir, A. (2018). Polemik Calistung untuk Anak Usia Dini (Telaah Konsep
Development Appropriate Concept). Thufula. Vol. 6 No 2 Juli-Desember.
Purnama, S. et al. (2020). Desain Interior dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.
Mashar, R. (2008). Pengaruh Stimulasi “Aku Anak Ceria” Terhadap Peningkatan Emosi Anak Usia Dini. Humanitis Vol. 15 No. 2, 2 Agustus 2008 h.149.
Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.
Wiyani, N.A & Barnawi. (2012). Format Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.
Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool