Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring

Desi Nurkholifah, Novan Ardy Wiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berbicara anak usia dini di KB Wadas Kelir Purwokerto setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) di mana penelitian terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Sedangkan pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala KB Wadas Kelir dan guru yang disebut dengan istilah bunda. Adapun teknik analisis yang penulis gunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara anak-anak KB Wadas Kelir termasuk baik. Hal ini bisa dilihat dari keaktifan anak saat mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Keaktifan tersebut berupa antusiasme anak dalam mengikuti pembelajaran membaca nyaring. Selain itu, anak juga aktif menanggapi cerita yang dibacakan bunda. Tanggapan anak bisa berupa pertanyaan, menjawab pertanyaan yang diberikan bunda atau anak berusaha mengaitkan isi cerita atau tokoh cerita dengan dirinya bahkan kehidupan nyata. Selain itu, anak yang dulunya pasif, pendiam dan pemalu setelah mengikuti pembelajaran membaca nyaring menjadi lebih aktif dan percaya diri.


Keywords


Kemampuan, Membaca, Nyaring; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aminah, A.N. (2018). Literasi Indonesia Sangat Rendah [Wawancara]. https://www.republika.co.id/berita /koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-%09literasi-indonesia-sangat-rendah

Erfantinni, I.H. dkk. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Usia Dini. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 43–52.

Hurlock, E.B. (2010). Perkembangan Anak. Erlangga.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Prenada.

Mukhlis, A. & Mbelo, F.H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28.

Rohmana, W.I.M & Rinda, R.K. (2019). Humanism Approach in Children Education: A Look Into Humane Perspective Of Teaching English To Children. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.

Santoso, S.T.P. & Sutama, I.W. (2019). Profil Kemampuan Asertif pada Anak Usia Pra Sekolah. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 29–41.

Ulfah, M., & Evana, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Permainan Memasangkan Gambar Dengan Kata di Taman Kanak-Kanak Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 150. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2656

Widayati, S. & Simatupang, N.D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–58.

Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini: Panduan bagi Orang Tua dan Pendidik PAUD dalam Memahami serta Mendidik Anak Usia Dini. Gavamedia.

Wiyani, N.A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB. Gavamedia.

Wiyani, N.A. (2016a). Kapita Selekta PAUD. Gavamedia.

Wiyani, N.A. (2016b). Konsep Dasar PAUD. Gavamedia.

Wiyani, N.A. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdasya Saing. Assibyan UIN Banten, 3(1), 25–44.

Wiyani, N.A. & Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam Monokhotomik Holistik. Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool