TRANSFORMASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM BUDAYA ORGANISASI PADA SEKOLAH ISLAM BERPRESTASI DI KOTA MALANG

Marno, M. Ag

Abstract


Keunggulan atau prestasi sebuah lembaga pendidikan dipengaruhi oleh berbagai variable. Selama ini banyak pihak menjelaskan prestasi sekolah hanya dilihat dari dimensi yang tampak, padahal ada dimensi lain, yaitu dimensi soft, yang mencakup nilai, keyakinan (beliefs), budaya, dan norma perilaku, yang justru lebih berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah baik negeri maupun swasta tidak lepas dari nilai-nilai, norma perilaku, keyakinan maupun budaya. Apalagi sekolah-sekolah yang bernuansa agama tentu saja tidak sekedar dipandang sebagai persoalan duniawi, namun juga amalan ukhrowi (agamawi), maka telaahnya tentu tdak dapat dilepaskan dari nilai-nilai spiritual ajaran agama. Focus penelitian ini meliputi keunggulan sekolah dari dimensi soft berupa transformasi nilai-nilai spiritual daam budaya organisasi sekolah pada sekolah-sekolah berprestasi di kota Malang dengan mengambil kasus di Sekolah Suryabuana Malang dan MAN 3 Malang.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana karakteristik budaya organisasi pada Sekolah berprestasi di kota Malang? dan Bagaimana ragam transformasi nilai-nilai spiritual dalam budaya organisasi pada Sekolah berprestasi di kota Malang? Secara teoritis, penelitian ini akan mengkonstruk pola transformasi nilai-nilai spiritual dalam budaya organisasi pada Sekolah berprestasi di kota Malang, untuk selanjutnya secara empiris dapat memberikan konstribusi bagi pihak-pihak yang terkait (departemen agama/ dinas pendidikan) erutama Sekolah-Sekolah lain agar dapat berkembang dan berprestasi.
Melalui penelitian mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penggalian data melalui tekhnik observasi, interview dan dokumentasi kemudian di analisis. Maka penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut; (1) Karakteristik Budaya organisasi di kedua lembaga ini memiliki dasar pijakan yang sama yaitu kualitas dan agama/ religious. (2) Ragam transformasi nilai-nilai spiritual yang ditemukan dalam budaya organisasi antara Sekolah Surya Buana dan MAN 3 Malang meliputi: (a) nilai dasar ajaran Islam yang meliputi: tauhia (mengesakan Allah SWT); ibadah (pengabdian) dan kesatuan antara dunia akhirat; (b) nilai-nilai warga sekolah yang meliputi: jihad (perjuangan); amanah (tanggung jawab); ikhlas; ikhsan (kualitas); kedisiplinan; keteladanan; persaudaraan dan kekeluargaan; (3) Proses transformasi nilai-nilai spiritual di kedua lembaga ini berlangsung secara berbeda. Di MAN 3 Malang lebih bersifat perspective, top down meskipun dilakukan secara kolegial oleh penyelenggara pendidikan yaitu pemerintah/ Depag, dan pihak sekolah. Sementara di Surya Buana lebih banyk bertumpu pada sosok transformer yaitu Abdul Dhalil, melalui kepemimpinan transformative beliau memberikan pancaran pada warga sekolah untuk bergerak maju mengembangkan lembaga yang dipimpinnya.

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Transformasi nilai, Sekolah berprestasi


Keywords


Budaya Organisasi; Transformasi nilai; Sekolah berprestasi

Full Text:

PDF PS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Rektorat Lt.III
Kantor Lemlitbang UIN Maliki Malang
Jl. Gajayana No 50
Telp. (0341) 551354, Fax. 572533.