PERBEDAAN EFIKASI DIRI, STRATEGI KOPING, STRATEGI BELAJAR, DAN PRESTASI MAHASISWA UIN MALANG BERDASARKAN JALUR PMDK, REGULER, DAN SNMPTN (UJI MODEL STRUKTURAL)

Ali Ridho, S. Pd.I., M.Si

Abstract


Penelitian ini hendak mengungkapkan apakah terjadi perbedaan Efikasi Diri, Strategi Koping, Strategi Belajar, dan Pretasi (IPK) mahasiswa UIN Maliki Malang berdasarkan jalur masuk mereka: PMDK, Reguler, dan SNMPTN. Selain itu penelitian ini hendak menemukan model struktural antara variabel-variabel Efikasi diri, Strategi Koping, dan Prestasi (IPK).
Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 dan 7 Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang berjumlah 150 yang masuk UIN Malang melalui jalur PMDK, Reguler , dan SNMPTN.  Data dianalisis dengan melalui teknik ANAVA satu jalur disusul dengan uji least square difference (LSD) dengan bantuan PASW Statistics 17. Koefisien jalur untuk model struktural dianalisis dengan bantuan AMOS 18.
Hasil penelitian menunjukkan: (a) tidak dapat perbedaan dalam hal Efikasi diri; (b) terdapat perbedaan secara signifikan dalam hal Strategi Koping antara kelompok jalur yang diteliti (SNMPTN > Reguler > PMDK); (c) tidak terdapat perbedaan Strategi Belajar pada kelompok jalur yang diteliti; (d) terdapat perbedaan signifikan dalam prestasi akademik (SNMPTN > Reguler); dan (e) telah ditemukan model interkorelasi antara variabel-variabel Efikasi diri, Strategi Koping, dan Prestasi (IPK) dengan mengasumsikan Efikasi diri tidak berkovariansi dengan Strategi Koping.
Kesimpulan berdasarkan model struktural: (a) terdapat pengaruh yang signifikan Efikasi diri terhadap IPK; (b) terdapat pengaruh yang signifikan Strategi Koping dengan IPK; dan (c) terdapat pengaruh yang signifikan antara Efikasi diri dan Strategi Koping  secara bersama-sama dengan IPK.

Kata Kunci: Efikasi Diri, Strategi Koping, Strategi Belajar, dan Perstasi (IPK), PMDK, Reguler, dan SNMPTN


Keywords


Efikasi Diri; Strategi Koping; Strategi Belajar; Perstasi (IPK); PMDK; Reguler; SNMPTN

Full Text:

PDF PS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Rektorat Lt.III
Kantor Lemlitbang UIN Maliki Malang
Jl. Gajayana No 50
Telp. (0341) 551354, Fax. 572533.