KARAKTERISASI EKSTRAK TEH HITAM DAN TINTA CUMI-CUMI SEBAGAI FOTOSENSITISER PADA SEL SURYA BERBASIS PEWARNA TERSENSITISASI

Rachmawati Ningsih, Erna Hastuti

Abstract


Salah satu energi alternatif yang berpotensi untuk dikembangkan dalam mengatasi krisis energi dunia adalah sel surya organik. Pada penelitian ini telah dilakukan pembuatan rangkaian Sel Surya Pewarna Tersentisisasi (SSPT) dengan menggunakan zat pewarna organik dari ekstrak kasar teh hitam (Camellia sinensis) dan tinta sotong (Sepia acuelata). Sistem sel surya terdiri dari kristal TiO2, kaca konduktor, zat pewarna (dye), larutan elektrolit redoks I-/I3- dan elektroda karbon. Kristal TiO2 dikarakterisasi menggunakan instrumen Difraksi Sinar-X. Ekstrak kasar teh hitam dan tinta sotong dianalisa serapan panjang gelombangnya menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Rangkaian sel surya diukur nilai tegangan dan arus listriknya.
Hasil Difraksi Sinar-X menunjukkan bahwa kristal TiO2 termasuk fase kristal anatase dengan ukuran kristal sebesar 2,6 nm. Hasil spektra UV-Vis ekstrak kasar teh hitam dan tinta sotong menunjukkan range daerah serapan panjang gelombang berturut-turut yaitu 232-240 nm dan 203-207 nm.
Besar tegangan listrik sel surya tanpa perendaman, pada ruangan tanpa sinar dan di bawah lampu halogen berturut-turut sebesar 0,014 Volt dan 0,023 Volt. Besar tegangan listrik sel surya yang direndam dalam ekstrak kasar teh hitam selama 1 jam pada ruangan tanpa sinar dan di bawah lampu halogen berturut-turut sebesar 0,364 Volt dan 0,401 Volt. Sedangkan yang direndam selama 2 minggu berturut-turut sebesar 0,113 Volt dan 0,18 Volt. Besar nilai arus listrik sel surya tidak dapat diukur, begitu juga dengan besar tegangan listrik sel surya yang direndam dalam ekstrak tinta sotong.


Kata kunci : Sel Surya Pewarna Tersensitisasi (SSPT), kristal TiO2, teh hitam tinta sotong


Keywords


Sel Surya Pewarna Tersensitisasi (SSPT); kristal TiO2; teh hitam tinta sotong

Full Text:

PDF PS

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gedung Rektorat Lt.III
Kantor Lemlitbang UIN Maliki Malang
Jl. Gajayana No 50
Telp. (0341) 551354, Fax. 572533.