Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum: Antara KBK, KTSP, K13 Dan Kurikulum Merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, R., & Kurniawan, I. (2020). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13 Di Homeschooling Primagama Bekasi. Seminar Nasional …, 1(4), 13–16.
Aedi, N. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume, 1(1–6), 1–6.
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 662–670.
Armadani, P., Sari, P. K., Abdullah, F. A., Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347.
Bulhayat, B. (2019). Evaluasi Model CIPP Pada Implementasi KTSP Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Jombang. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 85–102. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.105
Chandrawaty, C., & Masykurah, K. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Project Based Learning Dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.696
Emalia, E., & Farida, F. (2019). Inovasi Pendidikan dengan Memanfaatkan Teknologi Digital dalam Upaya Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 160–169.
Fitriani, D., Rindiani, A., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik dan Implementasi Kurikulum Berbasis Komppetensi (KBK). Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 268–282. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.665
Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1–6.
Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Khadijah, R. (2019). Inovasi Kurikulum 2013. Jember: IAIN JEMBER, 6.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Najahah. (2020). INOVASI PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS TINGKAT MTs. Al’Adalah, 2(2), 163–177.
Nugraha, O. B., Frinaldi, A., Syamsir, S. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390–404.
Poerwati, L. E. dan S. A. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Raikhan. (2019). Inovasi dan Difusi Sistem Pendidikan Nasional; Studi Kasus Implementasi Kurikulum Nasional. Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, 8(5), 55.
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.
Setiawan, A., Ahla, S. S. U. F., Husna, H. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 54–77.
Sugianto, R. (2022). Analisis Perbandingan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi), KTSP (Kurikulum Berbasis Sekolah), dan Kurikulum 2013. Yasin, 2(3), 351–360. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i3.416
Untsa, A. (2021). PENERAPAN PENILAIAN AUTHENTIK DALAM KURIKULUM K-13 , Syaiful Qorib Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya Abstrak Salah satu penekanan dalam penerapan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 . Penilaian. 4.
Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. A. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837–843. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.496
Wirabhakti, A. (2020). Peran KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dalam Pembelajaran sebagai bagian dari Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa bagi Peserta Didik. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 45–67.
DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i2.21603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Khoirun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur