Peranan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Sebagai Skoci Peningkatan Mutu Pendidikan Islam

Abdul Kholid Achmad

Abstract


This study aims to determine the role of the Madrasah Working Group (KKM) in accordance with the Decree of the Directorate General of Islamic Religious Education Number 5852 of 2020 concerning Technical Guidelines for the Implementation of the KKM. The research was conducted with a qualitative descriptive case study type approach. The research findings show that the role of KKM can be optimal by using several programs and activities as follows: (1) sharing strategies among madrasah principals on best practices, (2) implementing inter-institutional benchmarking as part of honing, compassion and fostering, (3) making programs periodic collective evaluation (cognitive and psychomotor) to get superior seeds through programs and activities as well as a show-a-force institutional promotion, and (4) fostering and enhancing the professionalism of madrasah principals through programmed KKM on an ongoing basis by referring to the results of the evaluation conducted by the madrasah supervisor. Through KKM, efforts can be made to improve the quality of Islamic education whenever it is carried out programmatically and continuously based on evaluation data.

Keywords


Madrasah Working Group; Quality Improvement; Islamic Education; Madrasah

Full Text:

PDF

References


A. Taufiq. (2016). Manajemen Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah 02 Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Madrasah Tsanawiyah Di Jepara Tahun 2015. Master thesis, UNISNU Jepara.

Achmad, Abdul Kholid. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1.2, 115-127. DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i2.3957

Borneonews. (2018). https://www.borneonews.co.id/berita/87655-osk-berdampak-untuk-peningkatan-mutu-pendidikan

Efferi, Adri. (2014). Dinamika Persaingan Antar Lembaga Pendidikan. Quality 2.1: 96-116. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v2i1.2095

Edwar Sallis. (2002). Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Limited.

Fattah, Nanang. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam konteks Penerapan MBS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Herman, Herman. (2013). Efektifitas Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Sidenreng Rappang. Magister (S2) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hadi, Nur. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Lembaga Pendidikan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TK IT) Nurul Fikri Sukodono Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 3.3.

Handayani, Tutik. (2018). Peningkatan Kemampuan Kepala Madrasah dalam Menyusun Program Supervisi Pendidikan melalui Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKM) Berbasis Pendampingan di Madrasah Binaan. Jurnal Kependidikan 6.1, 107-122. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1693.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/agenda-kegiatan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2019) https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/olimpiade-sains-nasional-jadi-ajang-pendidikan-karakter

Kharis, Anwar. (2008). Peran Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) dalam pengembangan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan madrasah diniyah: studi terhadap KKMD Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak tahun 2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5852 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Kerja Madrasah. pdf.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 162/U/2003 tentang Pedoman Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.pdf

Kusrahmadi, Sigit Dwi. (2007). "Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar." Dinamika Pendidikan : 118-129.

Kurniawan, Asep. (2020). Penerapan Benchmarking dalam Meningkatkan Kinerja Institut Agama Islam di Indonesia. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.1 : 173-199. DOI: https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-10

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 26 tahun 2016, tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. pdf

Maisaroh, Siti. (2005). Pengaruh Manajemen Mutu Layanan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Universitas PGRI Yogyakarta. Laporan Penelitian Universitas PGRI Yogyakarta.

Nasution, M. Nur. (2001). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hasan. Nur. (1994). Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum Untuk Abad 21: Indikator Cara Pengukuran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Sindo.

Peraturan Menteri Agama Nomor 58 tahun 2017 tentang kepa la madrasah pasal 6 ayat 1. pdf

Permana, Anggit Yoga, and Fitrie Arianti. (2012). Analisis Pengaruh PDRB, Pengangguran, Pendidikan, dan Kesehatan terhadap Kemiskinan di Jawa Tengah Tahun 2004-2009. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Referensi Data Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sd.php?kode=050700&level=2.

Rahmawati. Wahyu. (2019). Selain cetak biru pendidikan, ini tiga program Mendikbud Nadiem tahun 2020. Diambil dari https://nasional.kontan.co.id/news/selain-cetak-biru-pendidikan-ini-tiga-program-mendikbud-nadiem-tahun-2020

Sidaq. (2019) Hadrah merupakan kesenian Islam yang didalamnya berisi shalawat. https://www.laduni.id/post/read/54319/hadrah-merupakan-kesenian-islam-yang-di-dalamnya-berisi-shalawat.html

Sumarni. (2013). Potret Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah. Jurnal Edukasi KEMENAG. Volume 11, Nomor 3, Desember 2013. DOI: http://dx.doi.org/10.32729/edukasi.v11i3.417

Trisnawati, Nika Fetria dan Sundari. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9 No. 2. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.637

Tharaba, M. Fahim. (2020). Mencari Model Pendidikan Karakter Di Sekolah. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 5.1 (2020): 66-81. DOI: 10.18860/jmpi.v5i1.8750

Tim Riset CNBC Indonesia. (2020) https://www.cnbcindonesia.com/news/20200217142358-4-138395/ipm-ri-naik-tapi-masih-kalah-sama-tetangga.

Usman, Husaini. (2014) Peranan dan Fungsi Kepala Sekolah/Madrasah. Jurnal PTK DIKMEN Vol. 3 No. 1

Undang-undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005.pdf

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. pdf

Umam, Muhamad Khoirul. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah 6.2, 62-76.

Wardiyanti, Koes, and Ihwan Susila. (2016). Eksplorasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah di SMK Negeri 4 Surakarta. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yunus. Syarif. (2020). https://kumparan.com/syarif-yunus/potret-pendidikan-indonesia-siapa-yang-harus-berbenah-1tKr0bDEZwG/full.

Zulian Yamit. (2004). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.10671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Kholid Achmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: