PELUANG DAN TANTANGAN PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA COVID-19

Fitria Zulfa, Jaja Jahari, A. Heris Hermawan

Abstract


Mewabahnya Covid-19 sebagai pandemi telah membawa dampak signifikan sekaligus membuka peluang dan tantangan bagi pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai peluang dan tantangan pengelolaan lembaga pendidikan Islam pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan metode yang digunakan adalah library research dan jenis data yang dipakai adalah data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan teknin deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peluang pengelolaan lembaga pendidikan pada masa Covid-19 dapat diidentifikasi dari terbukanya peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui usaha membangun fungsi-fungsi manajemen pengelolaan lembaga pendidikan Islam berbasis digital dengan sistem dalam jaringan (daring) sangat didukung oleh situasi pandemi yang sedang terjadi. Karena itu tantangan yang dihadapi dalam hal pengelolaan berbasis digital dengan dukungan internet melalui sistem dalam jaringan adalah kesiapan lembaga dalam aspek dukungan sarana dan prasarana serta kesiapan SDM yang ahli di bidang ini menjadi hal penting yang harus dipenuhi untuk meningkatkan persaingan dan kompetisi antar lembaga pendidikan Islam pada masa pandemi untuk meningkatkan sistem pengelolaan lembaga agar menghasilkan kualitas mutu dan memiliki daya saing yang berkualitas.

Keywords


Peluang; Tantangan; Pengelolaan; Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis, N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Dwiyama, F. (2018). Unsur Manajemen dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 675–695.

Firdaus. (2020). Implementasi dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Utile, VI(2), 220–225.

Halwi, A. (2007). Tantangan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tadrib, III(1), 143–161.

Hasibuan, M. (2017). Manajamen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10. 21009/jtp.v22i1.15286

Kahfi, A. (2020). Tantangan dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 03(2), 137–154.

Malisi, M. A. S. (2017). Tantangan Dan Peluang Di Era MEA. Jurnal Transformatif, 1(1), 1–15.

Priyono. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Zifatama Publisher.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Pshycology, and Acounting, 2(1), 1–12.

Putria, H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN Baros Kencana CBM Sukabumi. Jurnal Basicedu, 4(4), 863–872.

Riyuzen. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(II), 145–164.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., & Lestari, A. P. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro, 6(2), 20–35.

Senta Adi Prasetia, M. F. (2020). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Pandemi. Jurnal Tarbawi Stai Al Fithrah, 9(1), 21–37.

Soekartawi. (2003). E-Learning Di Indonesia Dan Prosppknya Dimasa Mendatang. Universitas Kristen Petra.

Supriyatno, T. M. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditma.

Syarif, A., & Mawardi, I. (2021). Learning Policy Analysis during the Covid-19 Pandemic: Between Opportunities and Challenges and Their Impact on Islamic Education. Urecol Journal Part A: Education and Training, 1(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.53017/ujet.20

Syukurman. (2018). Peluang dan Tantangan Lembaga Pendidikan Islam. EduSociata Jurnal, I(II), 43–59.

Wahid, F. (2004). Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Media Informatika, 2(1), 11–23.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Nasional.




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitria Zulfa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: