KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN(STUDI PUSTAKA KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN)

Rosidin Rosidin

Abstract


Al-Qur’an merupakan sumber primer pendidikan Islam. Teks al-Qur’an bersifat konstan, namun kontekstualisasi al-Qur’an bersifat dinamis, sehingga dapat memberikan sumbangsih pemikiran sebagai alternatif solusi atas problematika pendidikan nasional di Indonesia, terutama krisis kepemimpinan pendidikan. Tulisan ini bertujuan memberikan sumbangsih pemikiran terkait alternatif solusi atas problem krisis kepemimpinan pendidikan dengan menjadikan kisah-kisah dalam al-Qur’an (Qashash al-Qur’an) yang relevan sebagai objek penelitian.

Penelitian ini bersifat studi pustaka dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, terutama melibatkan tafsir al-Qur’an dan literatur ilmu pendidikan. Teknik analisis data mengacu pada metodologi tafsir tarbawi (tafsir kependidikan) dengan tiga model analisis, yaitu analisis kebahasaan (lughawi), analisis isi (tahlili) dan analisis kependidikan (tarbawi).

Hasil penelitian menujukkan bahwa kepemimpinan pendidikan dalam tujuh kisah rasul yang termaktub dalam al-Qur’an, dapat dikategorikan menjadi empat kompetensi. Yaitu kompetensi moral, profesional, sosial dan intelektual. Keempatnya merupakan pemekaran makna dari empat sifat kenabian, yaitu Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Keempat kompetensi dan sub-kompetensi kepemimpinan tersebut berimplikasi pada aneka model, strategi hingga teknik kepemimpinan pendidikan yang berpotensi menanggulangi krisis kepemimpinan pendidikan.

Kata kunci:Kisah Al-Qur’an, Kepemimpinan Pendidikan, Kompetensi Kepemimpinan

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/jmpi.v1i2.3964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.