Peningkatan Skor Akreditasi Madrasah melalui Lembaga Penjaminan Mutu

Putri Restina Dewi, Nur Ali

Abstract


ABSTRACT

Delapan standarisasi nasional pendidikan (SNP) telah ditetapkan oleh pemerintah dengan kriteria dan indikator masing-masing standar, namun peningkatan kualitas sekolah dan madrasah masih mengalami banyak kendala. Salah satu penyebabnya diduga karena kurang adanya peran lembaga penjaminan mutu (LPM) sekolah dan madrasah dalam meningkatkan skor akreditasinya dan rendahnya komitmen untuk memenuhi standar. Hal ini senada dengan fakta bahwa para guru kurang komitmen dalam memenuhi dokumen akreditasi sekolah dan hal tersebut juga menjadi salah satu faktor menurunnya perolehan skor akreditasinya. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran LPM dalam memfasilitasi proses peningkatan skor akreditasi madrasah. Penelitian ini bersifat evaluative dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa proses penyiapan akreditasi dilakukan secara sistemik dan sistematis dengan mengikuti regulasi dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh unit peningkatan dan penjaminan mutu MAN 2 Kota Malang sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam tim akreditasi madrasah. Tulisan ini memberikan saran agar setiap madrasah dapat memaksimalkan peran LPM internal dalam menciptakan atmosfir akademik dan administratif.


Keywords


Akreditasi madrasah; lembaga penjaminan mutu; skor akreditasi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S., R., (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asrijanty, (2019. ‘The relationship between school accreditation, national exam results, and integrity index of national exam’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4 (1), Juni, pp. 1-14.

Awaludin, A,.R (2017) ‘Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya

penjaminan mutu pendidikan di Indonesia’, Jurnal SAP, 2(1). Pp. 12-21

BAN-S/M per 10 Desember 2018. diakses dari http://Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.kemdikbud.go.id.

Barnawi, M., A., (2017). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatah, N., (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Gita, A., (2014). Peningkatan Budaya Mutu Untuk Pencapaian Akreditasi di Sekolah Dasar Widoro Yogyakarta, Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Kebijakan Pendidikan Jurusan Filsafat Dan Sosiologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasution, N.,M., (2005) Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 52 tahun 2008 Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMA/MA

Trysia, V., (2018). ‘A case study of teacher perception and commitmenton accreditation at school xyz in depok, west java’, Jurnal Pendidikan, 19 (1), Maret, pp.31-42

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Wahyu, A.,D., (2003) Manajemen Kualitas Sisi Kualitatif . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zulnika, (2017) ‘Pengaruh akreditasi sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran siswa SMP Negeri di kecamatan kopang’. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 2 (2), pp. 222-227




DOI: https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.9046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Putri Restina Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 
Mailing Address
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    Email: jmpi@uin-malang.ac.id  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEXED BY: