Layanan Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Era Pandemi Covid-19

Laudia Saronyx

Abstract


 Adanya pademi covid 19 menyebabkan masyarakat melakukan aktifitas dirumah dengan melalui media online. Hal tersebut juga berdampak pada kegiatan di perpustakaan yang awalnya dilakukan secara langsung kini harus mengunakan media online. Yang mengharuskan seorang pustakawaan memutar otak untuk membuat inovasi baru guna keberlanjutas proses layanan perpustakaan di masa pandemi covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah metode pengembangan konsep pengembangan dari layanan perpustakaan proklamator bung karno yang telahmelayani perpustakaan selama masa pandemi ini. Ada setiap pertemuan yang kita miliki adalah metode deskripsi, yang menggambarkan atau menggambarkan penelitian terkini tentang suatu topik atau objek berdasarkan fakta dalammembandingkan kasus-kasus ilmiah terkonsentrasi di bidang perpustakaan dan informasi di . Riset kepustakaan terkait dengan pelayanan saat pandemi COVID-19 sedang berlangsung. Basis data ini diperoleh melalui pengamatan ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno serta layanan perpustakaan online yang disediakan oleh situs Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Data merupakan proses dan disajikan dalam deskripsi sudah merupakan proses penyajian. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian sosial dalam pemanfaatan teknologi informasi yang berupa layanan online dengan mengunakan internet sebagai layanan digital. Perpustakaan Proklamator Bung Karno memiliki beberapa layanan digital yang disediakan diantaranya layanan keanggotaan, layanan referensi dan peminjaman. Dalam masapandemic covid-19 perpustakaan Proklamator Bung Karno menerapkan program SILAKAN dan SISKARLING yang bertujuan untuk mempermudah pemustakanya Kata Kunci : Perpustakaan, Pandemi Covid 19, Teknologi informasi, Layanan digital

References


Ad, S. (2020). LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MASA PANDEMI. 3(2), 53–63.

Ibnu, Y., & Setiawan, S. (2018). Penetapan Karantina Wilayah Menurut Pandangan Legal Positivisme Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan Pandemi Coronavirus Disease ( Covid ) -19. 1–16.

Ii, B. A. B., Perpustakaan, P. M., & Perpustakaan, L. (n.d.). Ibid .h.20. 8. 8–46.

PPs. UIN Maliki Malang. (n.d.). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif (Materi. 1–4).

Rahayu, L. (n.d.). Dasar-dasar Layanan Perpustakaan. 1–43.

Subrata, O. G., & Kom, S. (n.d.). Perpustakaan digital. 1–11.

Thalha Alhamid dan Budur Anufia. (n.d.). INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA. 1–20




DOI: https://doi.org/10.18860/libtech.v1i2.13089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________________________________________________

LIBRARY AND TECHNOLOGY JOURNAL (LIBTECH) published by :
PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN ILMU INFORMASI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi
Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang, Jawa Timur, Indonesia 65144
Email: libtech@uin-malang.ac.id
_______________________________________________________________________________________________________________


_____________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
© All rights reserved 2015. Libtech , e-ISSN : 2723-7605

LIBRARY AND TECHNOLOGY JOURNAL (LIBTECH) indexed by :