Menumbuhkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi Melalui GSE (Google Suite Education): Kasus di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang

Luq Yana Chaerunnisa, Andi Prastowo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kreativitas mengajar yang dilakukan oleh guru MI Miftahul Akhlaqiyah dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Sebagaimana diketahui bahwa internet merupakan elemen penting sebagai sumber belajar dan media pembelajaran bagi peserta didik. Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Bantuan pemerintah melalui GSE (Google Suite Education) merupakan langkah yang tepat untuk memanfaatkan fitur yang ada didalamnya sebagai penunjang proses pembelajaran. Aplikasi tersebut memiliki berbagai macam fitur seperti google classroom dan google meet yang memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Suite Education memudahkan guru dalam melakukan proses pembelajaran. GSE memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, seperti Google Classroom, Drive, Google meeting, akses video dan materi dapat tersimpan dengan mudah.
Kata Kunci. Teknologi, Pandemi Covid-19, Google Suite Education, Sekolah Dasar, Kreativitas Mengajar Guru.

Abstract. The purpose of this study was to determine the teaching creativity carried out by MI Miftahul Akhlaqiyah teachers in the implementation of online learning. As it is known that the internet is an important element as a source of learning and learning media for students. Teachers are required to be more creative and innovative. Government assistance through GSE (Google Suite Education) is the right step to take advantage of the features in it to support the learning process. The application has various features such as google classroom and google meet that make it easier for teachers to carry out technology-based learning during the Covid-19 pandemic. This research uses case study method. The author uses interview data collection techniques, observation and documentation. The results of this study indicate that Google Suite Education makes it easier for teachers to carry out the learning process. GSE has many features that can be used to support the learning process, such as Google Classroom, Drive, Google meetings, access to videos and materials that can be stored easily.
Keywords. Technology, Covid-19 Pandemic, Google Suite Education, Elementary School, Teacher Teaching Creativity.


Keywords


Teknologi, Pandemi Covid-19, Google Suite Education, Sekolah Dasar, Kreativitas Mengajar Guru.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Aldi, Nirmala, dkk, (2020) Implementation of the GSE (Google Suite Education) Program at

SD Muhammadiyah 09 Plus in the Covid-19 Pandemic Era. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol.2 No.2. 21-26

Akbar, Amin. Noviani, Nia. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Universitas PGRI Palembang.

Anugrah, D. (2020). Dinamika pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.

Aprilia Dewi Astuti, & Dedi Prestiadi. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Web-Seminar Nasional(Webinar).

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4). https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825

Azzahr, Nadia Fairuza. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies(CIPS). Jakarta Selatan.

Contreras, G. W. (2020). Getting ready for the next pandemic COVID-19: Why we need to be more prepared and less scared. Journal of Emergency Management, 18(2), 87–89. https://doi.org/10.5055/jem.2020.0461

Fauziah, Ula Nisa El. Dkk. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Subang. Jurnal Abdimas. Vol 2. No. 02.

Hammi, Zedha. (2017) Implementasi Google Classroom pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Harsanto, Budi. (2012) Panduan E-Leraning Menggunakan Google Sites. Patiukur.

Iftiyah, Mariatul. (2021). Membangun Kreativitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Universitas PGRI Palembang.

Jamaluddin, Dindin, dkk. (2020) Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. UIN Sunan Gunung Djati.

Kumar, Dharmendra, dkk, (2020). “Corona Virus: A Review of COVID-19” Department of Pharmacy, EJMO 2020;4(1),

Mauly, Yuka Kholyssa. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smpit Az-Zahra Sragen Tahun Pembelajaran 2019 / 2020. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nirfayanti. Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2 No. 1.

Purwanto, A., Pramono, dkk. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychologi and Counseling, 2(1), 1–12.

Putria, hilna, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan(Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4. No. 4.

Riyana, (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online,Universitas Terbuka.

Rusdiana, Ahmad, dkk. (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati. Bandung.

Satriawan, Y. (2020, May). Hardiknas: Belajar di rumah, berdamai dengan tekonologi di tengah pandemi. VOA Indonesia.

Tandra, Hans. (2020). VIRUS CORONA BARU COVID 19 Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri dan Orang Lain, Yogyakarta: Rapha Publishing.

The Chronicle of Higher Education. (2020, March). Moving online now. Moving Online

Trucano, M. (2014). Education & technology in an age of pandemics (revisited). EduTech

Tim Kompas. (2020). Era baru pendidikan di Indonesia. Kompas

Usman. (2017). Dinamika Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnalisa. Vol.3 No. 1.

Wahyudi, M. (2020, April). Covid-19 dan potret pembelajaran berbasis e-learning. Republika Online.

Wahyono, Poncojari. (2020). “ Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Volume 1 Nomor 1: Universitas Muhammadiyah Malang.

Wahyuni, Akhtim. Pengembangan Kreativitas Guru Sebagai Modal Penerapan Kurikulum 2013.

Wilson, Agus. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring(Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi” Vol. 5 No. 1.

Wulansari, Ossy Dwi Endah. (2013). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika, Vol. 13, No.1.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Journal UIN- Alauddin, 5(2), 274–285. https://doi.org/10.24252/ip.v5i2.3480




DOI: https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.12738



Copyright (c) 2022 Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.